Malangtimes

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung

Dec 08, 2022 16:03

JATIMTIMES - Masyarakat yang tinggal di era milenial tidak dapat dipisahkan dari internet. Penting bagi Anda untuk mengetahui cara melihat password wifi yang sudah terhubung yang sempat kelupaan di rumah. Cukup terapkan beberapa langkah ini, maka Anda akan mulai bisa menggunakan Wifi itu lagi. 

Salah satu cara untuk melihat passwordnya adalah memanfaatkan QR Code. Bisa juga dengan menggunakan cara lain, seperti Web Admin Router. Seluruh tata caranya yang lebih detail bisa Anda simak berikut.

Langkah Melihat Password Wifi

Menerapkan seluruh metode mengetahui kata sandi Wifi yang terpasang tidak perlu kemampuan koding sama sekali. Bahkan orang awam akan dapat melakukannya dengan mudah asalkan mengikuti seluruh rangkaian cara berikut dari info foldertips.

  1. Mengetahui Password Wifi Pakai Web Admin Router

Pertama-tama kita akan menjelaskan metode mengetahui password wifi dengan Web Admin Router. Cara ini tergolong mudah juga, tetapi Anda perlu tahu usernamenya dahulu. Seluruh Langkah-langkah lebih lanjutnya dapat ikuti berikut.

  • Pilih masuk menuju menu Wifi yang ada dalam Settings hape Anda.
  • Pilih menyimpan untuk seluruh angka IP yang ditunjukkan perangkat Wifi.
  • Seluruh kombinasi IP tadi dimasukkan ke dalam aplikasi browser.
  • Anda akan mulai memasuki halaman web admin router.
  • Jika sudah mulai masukkan username.
  • Tekan di bagian opsi network sambil mengarahkan menuju WLAN dan pilih bagian security.
  • Anda akan melihat munculnya menu WPA passphrase.
  • Pilih masuk ke bagian encryption algorithm dan Anda sudah bisa melihat passwordnya.
  1. Melihat Kata Sandi Wifi melalui QR Code

Cara kedua yang dapat Anda terapkan untuk melihat kata sandi Wifi terpasang adalah melalui QR Code. Langkah-langkah yang harus diterapkan jauh lebih singkat. Menggunakan cara ini bahkan tidak akan menghabiskan waktu sampai 2 menit. Langsung saja kita bahas mengenai keseluruhan langkahnya:

  • Masuk ke menu Pengaturan dan pilih menu Connections serta menu Wifi.
  • Tekan salah satu Wifi yang ingin Anda hubungkan dengan smartphone.
  • Tunggu sampai muncul pop up yang disertai dengan gambar QR Code.
  • Sisanya Anda hanya perlu screenshot terhadap gambar QR Code yang muncul. Cara memindainya adalah gunakan smartphone lain untuk memindai.
  • Seharusnya Anda sudah bisa langsung terhubung menuju Wifi yang ditargetkan.

Cukup mudah untuk bisa terpasang ke Wifi meskipun Anda tidak mengetahui passwordnya. Namun pastikan Anda menggunakan metode ini untuk masuk ke Wifi di rumah sendiri. Bisa juga dipakai untuk terhubung ke Wifi di sekolah yang memang diperuntukkan penggunaannya untuk umum.

Menggunakan kedua Langkah tersebut membuat Anda tidak perlu download aplikasi tambahan. Tentu saja hal tersebut dapat lebih menghemat ruang penyimpanan dalam smartphone sehingga bisa dipakai untuk hal lain yang bermanfaat. 

Anda dapat menyebarkan informasi ini kepada orang-orang terdekat jika sewaktu-waktu mereka juga kebingungan untuk dapat terhubung ke Wifi yang sudah terpasang. Jadi mereka tidak perlu repot-repot lagi menghubungi teknisi yang memasang Wifi di rumahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru