Malangtimes

Aplikasi SIP BANGET Kota Batu Raih Penghargaan Inovasi Top 45 Kemenpan RB

Dec 07, 2022 23:17
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq (kanan) berswafoto menunjukkan penghargaan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan,  Selasa (6/12/2022).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq (kanan) berswafoto menunjukkan penghargaan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan,  Selasa (6/12/2022).

JATIMTIMES - Aplikasi SIP BANGET(Sistem Informasi Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif) terobosan Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Penghargaan yang diraih yakni, Kategori Top Inovasi 45 Pelayanan Publik Tahun 2022. Penghargaan diterima secara langsung oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, dari Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan,  Selasa (6/12/2022).

Dengan inovasi SIP BANGET yang diluncurkan Dinas Pariwisata pada tahun 2022 ini dirasa mampu memudahkan masyarakat dan wisatawan untuk mencari informasi, khususnya sektor pariwisata di Kota Batu yang bisa diakses melalui gawai.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, aplikasi SIP BANGET dihadirkan bukan hanya memberikan informasi saja, tetapi juga aplikasi media promosi dan pemasaran produk pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Batu berbasis teknologi informasi. Lewat aplikasi SIP BANGET juga menawarkan paket wisata dengan transaksi berbasis QRIS.

“Sehingga wisatawan cukup mengakses di alamat sipbanget.batukota.go.id untuk mengetahui beragam formasi hingga paket wisata yang ada di Kota Wisata Batu,” ungkap Arief.

Lewat aplikasi SIP BANGET, Pemkot Batu bisa menjemput bola dan memberikan informasi produk terbaik. Khususnya dari Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dan pariwisata, sehingga dapat menarik wisatawan.

Selain itu sebagai media untuk melakukan promosi dan penjualan melalui Marketplace. Dalam aplikasi tersebut mengakomodir produk Parekraf di 8 Desa/Kelurahan Wisata, dan 12 Paket Wisata Tematik.

Sedang, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus mendorong instansi pemerintah untuk senantiasa memperbaiki birokrasi dengan selalu melaksanakan evaluasi berkala dan berkelanjutan kepada instansi pemerintah.

Menurut Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menambahkan, untuk dapat terus melakukan perbaikan untuk menuju birokrasi berkelas dunia ini diperlukan komitmen, baik dari pimpinan hingga ke seluruh jajarannya. “Sehingga yang dilakukan oleh instansi pemerintah memberikan dampak nyata kepada masyarakat,” terang Azwar Anas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru