Malangtimes

Wali Kota Sutiaji Tegaskan ASN Pemkot Malang Harus Miliki Loyalitas Tinggi Terhadap Bangsa dan Negara

Dec 07, 2022 20:54
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan ucapan selamat kepada 211 pejabat fungsional di lingkungan Pemkot Malang yang baru dilantik di Aula Lantai 4 Mini Block Office Balai Kota Malang, Rabu (7/12/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan ucapan selamat kepada 211 pejabat fungsional di lingkungan Pemkot Malang yang baru dilantik di Aula Lantai 4 Mini Block Office Balai Kota Malang, Rabu (7/12/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan, bahwa jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang harus memiliki kinerja yang bagus serta loyalitas tinggi terhadap bangsa dan negara. 

Hal itu disampaikan Sutiaji saat memberikan pengarahan pada kegiatan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan 211 pejabat fungsional baru Pemkot Malang di Aula Lantai 4 Min Block Office, Balai Kota Malang, Rabu (7/12/2022). 

"Tunjukkan kinerja dan loyalitas pada negara dan bangsa, bekerjalah bukan (hanya untuk) personal, tapi institusional. Maka tidak boleh kerja hanya untuk diri sendiri, harus kerja sama, tidak pelit ilmu, tidak boleh ada ego sektoral dan terakhir jaga moral," tegas Sutiaji. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemkot Malang ini mengatakan, bahwa perubahan paradigma ASN sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. 

Pihaknya menegaskan, bahwa perubahan paradigma ini harus dipahami betul oleh seluruh ASN yang ada di Kota Malang. Menurutnya, Ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kesetiaan kepada Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945 merupakan prinsip yang tidak dapat ditawar lagi. 

Lebih lanjut, Sutiaji menambahkan, di tengah situasi global yang sedang tidak baik-baik saja akibat krisis keuangan, pangan dan energi, ASN dituntut untuk produktif dan menumbuhkan budaya kerja kreatif. Tidak hanya terjebak pada rutinitas semata. 

"Bekerja kita bukan hanya berangkat pukul 08.00 pulang pukul 16.00. Tapi apa yang kita kerjakan, seberapa jauh anda sebagai anak bangsa memberikan karya yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara," jelas Sutiaji. 

Terlebih lagi menurutnya, peran dari pejabat fungsional semakin didorong sebagai bagian penting meritokrasi birokrasi yang menekankan pada kompetensi serta profesionalisme kerja sebagai ASN untuk melayani masyarakat. 

Sebagai informasi, Wali Kota Sutiaji telah memimpin pengambilan sumpah jabatan dan melantik 211 pejabat fungsional di lingkungan Pemkot Malang yang terdiri dari 45 guru, 100 tenaga kesehatan serta 66 tenaga teknis. Kemudian, terdapat 39 jenis jabatan fungsional di antaranya, didesain untuk memperkuat kinerja Pemkot Malang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru