Malangtimes

Wisuda Periode V, 76,50 Persen Lulusan UIN Malang Raih Predikat Cumlaude 

Dec 07, 2022 15:16
Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA saat mewisuda mahasiswa UIN Malang (Ist)
Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA saat mewisuda mahasiswa UIN Malang (Ist)

JATIMTIMES - Para wisudawan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, dalam wisuda Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode V, menelurkan banyak lulusan berkualitas. Tercatat, 76,50 persen wisudawan meraih predikat cumlaude.

Secara jumlah, 76,50 persen itu, tepatnya berjumlah 599 wisudawan peraih cumlaude dari total jumlah 800 wisudawan. Jumlah ini juga mengalami kenaikan dari pada periode sebelumnya. Kenaikan peraih predikat cumlaude sebanyak 2,4 persen.

Bukan hanya peningkatan dalam kategori nilai, namun jumlah wisudawan yang lulus tepat waktu juga meningkat daripada periode sebelumnya. Pada periode ini terjadi peningkatan sebanyak 5 persen wisudawan yang lulus tepat waktu. Hal ini ditegaskan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Dr Umi Sumbulah MAg.

Selain itu, beberapa wisudawan baik dari jenjang sarjana maupun Pascasarjana juga meraih prestasi bergengsi. Seperti halnya Wisudawati Farah Anjanilah, mahasiswi S1 Sastra Inggris meraih penghargaan Skripsi Terbaik Tingkat Nasional. Kemudian, Lil Hanifah mahasiswi Program Pasca Sarjana Biologi raih Predikat Tesis Terbaik. 

Selain itu, dosen pun juga tak kalah berprestasi. Direktur Pascasarjana, Prof Dr Wahid Murni juga meraih prestasi terkait riset terbaik. Tiga riset terbaik didapat dalam kategori Sosial Humaniora.

Dalam wisuda periode lima. Juga terdapat wisudawan yang menjadi lulusan terbaik. Ia adalah Tibiyana Assegaf , mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Arab. 

"Kebanggaan tersendiri bagi kami para wisudawan, telah mendapatkan kesempatan belajar di UIN Malang, dan berhasil meraih prestasi serta menggapai kesuksesan," tuturnya.

Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr HM Zainuddin MA, berpesan, agar para lulusan UIN Maliki Malang dapat berkontribusi nyata dalam mengimplementasikan keilmuannya ditengah masyarakat. Dengan begitu, keilmuan yang dipelajari akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

"Saya berharap lulusan UIN Maliki Malang bisa memberikan kontribusinya bagi kemajuan bangsa ini," harapnya.

Selain itu, para era disrupsi seperti saat ini, harus siap disongsong oleh para lulusan UIN Maliki Malang. Tentunya, hal, kemampuan softskill dan hardskill harus ditingkatkan agar tetap mampu berdaya saing baik ditingkat nasional maupun global.

Rektor asal Bojonegoro tersebut juga mengimbau, agar para wisudawan terus belajar dan berkarya, meskipun tak lagi menjadi mahasiswa. Sebab, proses belajar menurutnya tak ada batasan umur.  Pihaknya juga menyampaikan agar para lulusan tetap menjaga nama baik almamater.

"Termasuk juga hormat kepada orangtuanya. Berkat perjuangan merekalah kalian di didik dan diberi ilmu hingga bisa diwisuda seperti saat ini," pesannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru