Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Semalam, Tanah Longsor Tutup Dua Titik Ruas Jalan di Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

07 - Dec - 2022, 08:10

Petugas gabungan saat melakukan pembersihan secara manual longsor di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Selasa (6/12/2022). (Foto: istimewa)
Petugas gabungan saat melakukan pembersihan secara manual longsor di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Selasa (6/12/2022). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Kawasan Payung Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu dan Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji dalam beberapa hari kerap terjadi tanah longsor susulan. Seperti halnya pada Selasa (6/12/2022) malam hingga menutup sebagian ruas jalan.

Faktor utama tanah longsor itu karena hujan dengan intensitas tinggi ditambah kondisi tanah yang jenuh. 

“Dua faktor terjadinya lomgsor di dua titik karena hal tersebut,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Di wilayah Payung tanah longsor terjadi di tebing dengan dimensi panjang 8 meter, lebar 10 meter dan tinggi 8 meter. Akibatnya, arus lalu lintas terganggu karena material longsor menutup separo badan jalan dan menutup saluran drainase. 

Di jalur yang sama berjarak sekitar kurang lebih 300 meter, terdapat titik longsor kedua. Meski tidak mengganggu jalan tetapi material longsor menutup saluran drainase.

“Dampak arus lalu lintas terganggu karena material longsor menutup separo badan jalan, dan saluran drainase tertutup material longsor,” kata Agung.

Petugas pun langsung ke lokasi dan melakukan buka tutup jalan saat pembersian material longsor secara manual di titik pertama. Kemudian melakukan pemasangan safety line di titik longsor kedua.

Di tempat lain di Dusun Brau Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, tebing tanah mengalami longsor dengan dimensi panjang 10 meter, lebar 3 meter dan tinggi 4 meter. Tak jauh beda dengan Payung, berjarak sekitar kurang lebih 8 meter terdapat titik longsor kedua dengan dimensi panjang 4 meter, lebar 2 meter dan tinggi 2 meter.

“Akibat longsor tersebut akses jalan tertutup material longsor. Pembersian material longsor secara manual langsunh dilakukan saat itu,” ujar Agung.

Karena kawasan rawan longsor, Pemkot Batu terus mengimbau kepada warga agar maupun pengendara untuk berhati-hati dan waspada saat melintasi kawasan Payung terutama saat cuaca hujan.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri