Malangtimes

648 Peserta Calon Anggota PPK Kabupaten Malang Ikuti Tes

Dec 06, 2022 20:12
Peserta CAT calon anggota PPK Kabupaten Malang mengikuti tes CAT.(Foto: Istimewa).
Peserta CAT calon anggota PPK Kabupaten Malang mengikuti tes CAT.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Sebanyak 648 peserta calon panitia pemilih kecamatan (PPK) Kabupaten Malang mengikuti seleksi tertulis. Tahapan ini merupakan serangkaian tes yang harus dilalui peserta untuk bisa menjadi anggota PPK yang bakal bertugas pada Pemilu 2024 mendatang. 

Pelaksanaan tes yang menggunakan metode computer asissted test (CAT) dilangsungkan dengan memanfaatkan perangkat milik Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang. Tes  dijadwalkan digelar pada 6 hingga 7 Desember 2022. 

Sebanyak 648 peserta yang merupakan calon anggota PPK yang telah ditetapkan lulus dalam seleksi administrasi pasca-pendaftaran. Selama pendaftaran calon anggota PPK yang telah dibuka sejak tanggal 20 hingga berakhir 29 November 2022 lalu, tercatat ada sebanyak 1.004 pelamar melalui laman siakba.kpu.go.id.

"Dari 1.004 pelamar, tidak semuanya memenuhi persyaratan. Ada yang hanya membuat akun. Ada yang telah membuat akun tapi tidak melengkapi unggahan dokumen persyaratan. Ada juga akun yang telah mengunggah dokumen persyaratan tapi tidak lengkap, dan lain-lain. Hingga dari penelitan administrasi yang kami laksanakan mulai  21 hingga 30 November 2022, tersaring 648 nama pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat dan lulus seleksi administrasi," ujar Komisioner KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika. 

Ke-648 calon anggota PPK ini akan mengikuti seleksi tertulis yang terbagi di dalam gelombang. Setiap gelombang dialokasikan untuk dapat diikuti hingga sebanyak 100 peserta. 

Berdasarkan pengumuman Nomor 457 Tahun 2022 tentang Penetapan Hasil Seleksi Administrasi PPK Pemilu 2024, gelombang I digelar mulai pukul 07.30 WIB bagi peserta dari wilayah Dampit, Dau, Pagak, Kromengan dan Ngajum. 

Sedangkan gelombang II dimulai pukul 09.30 WIB untuk peserta dari wilayah Ampelgading, Bantur, Bululawang, Gondanglegi dan Sumbermanjing Wetan. Gelombang III dimulai pukul 11 30 WIB bagi peserta dari kecamatan Gedangan, Jabung, Karangploso, Kasembon dan Kepanjen. 

Gelombang IV mulai pukul 13.30 WIB bagi peserta dari kecamatan : Pagelaran, Pakis, dan Pakisaji. Gelombang I hingga IV digelar pada Selasa (6/12/2022).

Sedangkan CAT yang digelar pada Rabu (7/12/2022) dijadwalkan akan digelar untuk gelombang V hingga gelombang VII. Diawali dari pukul 07.30 untuk peserta dari wilayah Poncokusumo, Singosari, Sumberpucung, Tajinan dan Wajak.

Sedangkan untuk gelombang VI dimulai pukul 09.30 WIB untuk peserta dari Kecamatan Kalipare, Lawang, Ngantang, Pujon, Tumpang dan Turen. Dan terakhir, gelombang VII yang dimulai pukul 11.30 WIB bagi peserta dari Kecamatan Tirtoyudo, Wagir, Wonosari, dan Donomulyo.

"Dari seleksi tertulis ini akan dipilih berdasarkan peringkat nilai terbaik paling banyak 3 kali jumlah kebutuhan tiap kecamatan. Jadi, dari peserta seleksi tertulis ini akan diranking berdasarkan perolehan nilai terbaik peringkat 1 sampai peringkat 15," terang Mahardika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru