Malangtimes

Maksimalkan Upaya Pencegahan Banjir, DPUPRPKP Kota Malang Optimalkan Peran Satgas 

Dec 06, 2022 18:44
Personel Satgas DPUPRPKP Kota Malang saat melakukan normalisasi di kawasan Jalan Raya Langsep. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Personel Satgas DPUPRPKP Kota Malang saat melakukan normalisasi di kawasan Jalan Raya Langsep. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang terus gencar menangani genangan maupun banjir di Kota Malang. Selain gerak cepat dengan perbaikan infrastruktur sejumlah drainase pada banyak titik, saat ini DPUPRPKP Kota Malang mengoptimalkan tim satgas.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang R Dandung Djulharjanto menjelaskan, Satgas Drainase DPUPRPKP Kota Malang sangat berperan vital dalam kegiatan normalisasi drainase. Setiap hari satgas DPUPRPKP yang terdiri dari 12 personel turun ke lapangan. 

Mereka aktif melakukan monitoring sekaligus penanganan terhadap keluhan atau laporan masyarakat terkait drainase. Selain itu, tentunya satgas melakukan normalisasi pada saluran drainase yang mengalami sumbatan atau mengalami pendangkalan. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk mengoptimalkan pencegahan banjir. 

"Setiap hari mereka terjun ke lapangan. Satgas  liburnya hanya hari Minggu," kata Dandung.

Namun, jika pada hari Minggu terdapat kegiatan insidental, seperti banjir maupun adanya genangan yang menganggu kenyamanan masyarakat, mereka akan tetap siap siaga untuk melakukan tugasnya.

"Kalo ada laporan masyarakat, misalnya di hari Minggu sekalipun kita tetap berangkat," terangnya.

Kepala Bidang Bina Marga Surya Adhi Nugraha  menambahkan hal yang senada dengan Dandung. Menurut dia, setiap hari, personel Satgas DPUPRPKP Kota Malang mobile ke berbagai titik yang ada di lima kecamatan. Mereka melakukan monitoring dan membersihkan saluran yang termonitor bermasalah.

"Tidak ada jadwal khusus, cuma kadang kalau ada laporan mereka baru menuju lokasi yang dilaporkan ada masalah drainase," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru