Malangtimes

Tamu Pernikahan Kaesang dan Erina Dilarang Pakai Batik Parang Lereng, Ghibran Jelaskan Alasannya

Dec 06, 2022 18:44
Momen saat Ghibran ajak wartawan makan. (Foto screenshot @lagiupdate_indo)
Momen saat Ghibran ajak wartawan makan. (Foto screenshot @lagiupdate_indo)

JATIMTIMES - Panitia pelaksana acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina meminta agar para tamu undangan yang hadir di acara tersebut tidak memakai batik parang lereng.

Gibran Rakabuming Raka yang merupakan juru bicara dari acara tersebut mengatakan resepsi atau tasyakuran dalam acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina dilaksanakan di Pura Mangkunegaran.

Dan para tamu yang akan hadir dalam acara tersebut menurut Ghibran dilarang memakai pakaian batik parang lereng.

"Untuk masuk Pura Mangkunegaran tidak boleh ada (batik) parang lereng," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, pada Selasa (6/12/2022).

Lebih lanjut Ghibran mengungkap alasannya para tamu tidak diperkenankan memakai batik parang lereng merupakan aturan dari Pura Mangkunegaran Solo.

"Aturan dari Kanjeng Gusti Mangkunegara X. Harusnya (tamu) sudah tahu semua," ungkap putra sulung Presiden Jokowi itu.

Selanjutnya, Ghibran mengungkap bahwa para tamu pernikahan Kaesang dibagi dalam lima sesi, dimulai dari pagi hingga malam hari.

Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi penumpukan tamu dan kemacetan.

"Tidak ada kategori. Pokoknya sesuai (waktunya). Sesi ini sekian ratus, sesi ini sekian ratus, sesi ini sekian ratus. Biar tidak ada penumpukan dan di pendapi biar tidak terlalu (banyak)," ungkap dia.

Ghibran juga mengingatkan kembali bahwa dalam acara pernikahan Kaesang itu tidak menerima sumbangan berupa kado dan juga amplop. 

"Tidak ada (sumbangan). Saya dulu tidak ada yang pakai sumbangan, tidak ada kotak sumbangan," ungkap Gibran.

Mengenai jumlah tamu yang akan hadir dalam acara tersebut, Ghibran enggan membeberkannya. 

Namun ia mengatakan penyebaran undangan pernikahan adiknya itu dilakukan secara bertahap.

"Undangan (pernikahan Kaesang-Erina) bertahap ya. Ada yang sudah menerima, ada yang belum. Iya, ditunggu aja ya," kata Gibran.

Sebagai informasi, pernikahan Kaesang dan Erina akan berlangsung pada (10/12/2022) mendatang sekitar pukul 13.00 WIB di Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Adapun yang menjadi wali nikah Erina adalah kakaknya sendiri yakni Allen Gudono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru