Malangtimes

Masuki Hari Kedua Workshop QS WUR, Peserta Fokus Input Data

Dec 06, 2022 18:19
Workshop QS WUR, memasuki hari kedua (Ist)
Workshop QS WUR, memasuki hari kedua (Ist)

JATIMTIMES - Workshop pengisian formulir Quacquarelli Symonds World University Rankinks (QS WUR) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, berlangsung selama tiga hari, mulai Senin (5/12/2022) hingga Rabu (7/12/2022). Memasuki hari kedua, Selasa (6/12/2022), seluruh peserta mulai fokus mengisi daftar akademisi dan pemberi kerja (mitra atau perusahaan yang sudah bekerja sama dengan UIN Maliki Malang.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maliki Malang Dr H Helmi Syaifuddin M Fil.I menjelaskan, bahwa peserta  mulai fokus merekapitulasi dan memasukkan semua data ke dalam QS WUR.

1

Terdapat berbagai jenis data yang dimasukkan, baik itu berupa data dalam bentuk seminar nasional hingga internasional, kolaborasi penelitian, maupun visiting profesor yang telah dilaksanakan oleh fakultas maupun Program Pascasarjana. 

Lebih lanjut dijelaskannya, QS WUR memiliki ketentuan aturan akademisi dan pemberi kerja yang masing-masing ada 400 item. Di aspek akademik, para pimpinan dari masing-masing fakultas harus menginput para alumninya khususnya bagi mereka yang berasal dari luar negeri.

Ini menjadi hal penting untuk pemetaan saat QS WUR melakukan survei secara independen di lapangan sesuai dengan data yang telah diajukan ke QS WUR. Hal ini juga memastikan jika para alumni UIN Malang merekomendasikan bagi para calon mahasiswa baru. 

"Sebaran mahasiswa asing ini untuk memastikan bahwa mereka betul-betul merekomendasikan almamaternya di kancah internasional," paparnya.

Selain itu, perusahaan mitra atau pemberi kerja atau para pemimpin dapat melaporkan jika tenaga ahli yang ada di perusahaan diserap dari UIN Malang. "Dalam hal ini, bisa jadi pemberi kerja mempekerjakan lulusan UIN Maliki Malang atau hanya cukup menjalin kerjasama yang mencakup tri dharma perguruan tingginya saja," jelasnya.

2

Pihaknya menegaskan, jika upaya ini menjadi upaya serius untuk pengembangan kelembagaan UIN Maliki Malang lebih bagus lagi. Sehingga, misi kampus untuk menjadi kampus unggul bereputasi internasional dapat tercapai dan UIN Maliki Malang dapat semakin dikenal di dunia.

Adanya QS WUR, juga membantu calon mahasiswa untuk dapat memilih dan menentukan dimana mereka untuk menemukan kampus terbaik guna menempuh studi. Untuk itulah, kampus yang masuk dalam pemeringkatan itu harus memiliki reputasi yang bagus. 

"Manfaat lainnya, ini untuk ajang kompetisi menjadi perguruan tinggi terbaik dan bermutu serta berdaya saing tinggi," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru