Malangtimes

Raih Predikat Sangat Baik, Pemkab Malang Kembali Dapat Penghargaan Reformasi Birokrasi

Dec 06, 2022 17:13
Bupati Malang HM. Sanusi menerima penghargaan langsung dari Menpan RB Abdullah Azwar Anas.(Foto: Istimewa).
Bupati Malang HM. Sanusi menerima penghargaan langsung dari Menpan RB Abdullah Azwar Anas.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kembali mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusay. Kali ini penghargaan atas prestasi dalam melaksanakan reformasi birokrasi dengan predikat BB atau sangat baik.

Penganugerahan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) saat menyerahkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), Zona Integritas (ZI), serta penganugerahan pelayanan publik kepada instansi pemerintah.

Penganugerahan penghargaaan tersebut digelar di Hotel Bidakara, Grand Pancoran, Jakarta. Penyerahan penghargaan kali ini mengusung tema 'Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi Menuju Birokrasi Berkelas Dunia'. 

Di mana dalam pelaksanaannya, Bupati Malang HM. Sanusi menerima piagam penghargaan langsung dari Menpa RB Abdullah Azwar Anas. Dan disaksikan oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Lembaga, Gubernur, Walikota dan Bupati se - Indonesia.

Bupati Malang HM. Sanusi didampingi Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat usai menerima penghargaan di bidang reformasi dan birokrasi.(Foto: Istimewa).

Menteri Azwar Anas mengatakan, transformasi merupakan elemen yang tak dapat dilepaskan dari reformasi birokrasi. Apalagi menurutnya, Presiden Joko Widodo telah menegaskan bahwa transformasi penting dilakukan dengan cara cepat dan tepat dalam menghadapi gejolak perubahan. 

Selain itu juga untuk menghadapi tantangan dan berbagai peluang melalui inovasi. Terutama untuk mewujudkan tata kelola yang lebih baik (good governance) yang dapat berdampak pada kehidupan bernegara dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Sehingga untuk mewujudkan Good Governance, perlu ada reformasi dalam birokrasi sebab menyangkut penyelenggaraan negara untuk mewujudkan perbaikan pelayanan publik," ujar Anas.

Selain itu menurutnya, Reformasi Birokrasi ini merupakan upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, berdampak pada kehidupan bernegara dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sehingga untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, perlu ada reformasi dalam negeri.  Sebab menyangkut penyelenggaraan negara untuk mewujudkan perbaikan pada pelayanan publik.

Pada saat ini, Pemerintah Kabupaten Malang telah meraih predikat BB, tentu hal tersebut merupakan suatu kebanggan bagi Pemerintah Kabupaten Malang yang tentunya akan terus ditingkatkan.

Anas mengatakan, SAKIP ini adalah salah satu ukuran untuk bagaimana penataan birokrasi dan pengelolaan keuangan. Saat ini SAKIP dan RB menjadi prioritas karena akan mendorong peningkatan dana insentif daerah dan menjadi salah satu syarat sona integritas minimal bernilai BB.

"Prestasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi ini adalah buah kekompakan ASN dalan bekerja mengembangkan serta memajukan daerah, sebagai bentuk tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan reformasi birokrasi," pungkas Anas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru