Malangtimes

Punya Keluhan Terkait HIV/AIDs Jangan Ragu Periksa ke RSI Unisma, Kerahasiaan Identitas Terjamin

Dec 05, 2022 19:48
Poli VCT RSI Unisma, siap layani pasien (RSI Unisma)
Poli VCT RSI Unisma, siap layani pasien (RSI Unisma)

JATIMTIMES - Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma  mempunyai berbagai layanan medis yang lengkap. Salah satu pelayanan yang disediakan khusus adalah pelayanan Poli Klinik Voluntary Counselling and Testing (VCT).

Poli Klinik VCT,  atau KTS (Konseling dan Test Sukarela) merupakan klinik konseling yang menyediakan dukungan psikologis, informasi dan pengetahuan tentang HIV/AIDS, pencegahan penularan HIV, mempromosikan perubahan perilaku yang bertanggung jawab, mempersiapkan kepatuhan (adherens) pengobatan ARV dan memastikan pemecahan berbagai masalah terkait dengan HIV/AIDS.

Selain konseling, Poli VCT merupakan poli yang secara khusus memberikan pelayanan testing pemeriksaan darah kepada pasien yang mempunyai keluhan terkait virus HIV/AIDS yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia

Pemeriksaan ini, tentunya dilakukan oleh konselor VCT RSI Unisma Malang yang sudah terlatih. Pasien akan melalui beberapa proses yaitu konseling pra test, konseling post test, dan testing HIV di Laboratorium secara sukarela. Tentunya dalam pemeriksaan bersifat confidential atau rahasia. Sehingga, kerahasiaan identitas pasien akan terjamin.

Penanggung jawab Poli VCT RSI Unisma Malang, dr Muhamad Mahir menjelaskan prosedur layanan untuk poli VCT RSI Unisma. Pertama, pasien menuju Poli Umum terlebih dulu. Setalah itu, pasien memaparkan informasi sepu5 keluhan yang dialaminya (terkait HIV/AIDS), dan kemudian pasien akan langsung diarahkan untuk menjalani rapid tes satu dan rapid tes dua terkait HIV/AIDS.

Selanjutnya, manakala hasil test pasien positif, maka mereka akan langsung diarahkan ke Poli VCT. Disitu, pasien akan dilakukan konseling untuk menggali keluhan yang dirasakan pasien serta memberikan pemahaman mengenai pola hidup yang baik.

Pihaknya mengimbau, agar masyarakat yang mempunyai keluhan terkait HIV/AIDS untuk tak ragu memeriksakan diri ke RSI Unisma. Dengan begitu, pasien bisa segera mendapatkan tindakan yang tepat. Pihaknya juga menegaskan, jika kerahasiaan pasien akan terjamin.

"Masyarakat yang mempunyai keluhan diharapkan tak usah takut dan ragu untuk datang ke Poli VCT. Jangan sudah stadium tiga atau empat, baru ke rumah sakit sehingga susah untuk tertolong," ungkapnya.

Sementara itu, Poli VCT RSI Unisma ini, telah berdiri sejak 2005. Sejak itu, terdapat kurang lebih 800 pasien telah memanfaatkan layanan Poli VCT. Masyarakat yang ingin memeriksakan diri dapat langsung datang ke RSI Unisma. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi WA/SMS operator RSI Unisma Malang 081 1314 8899.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru