Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hujan Intensitas Tinggi di Dusun Junggo, Sungai Paron Bumiaji Kembali Meluap

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

05 - Dec - 2022, 19:45

Petugas saat melakukan penyemprotan jalan di Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Senin (5/12/2022).
Petugas saat melakukan penyemprotan jalan di Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Senin (5/12/2022).

JATIMTIMES - Banjir luapan kembali melanda kawasan Sungai Kali Paron, Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Senin (5/12/2022). Banjir itu terjadi lantaran hujan dengan intensitas tinggi di kawasan Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

“Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Dusun Junggo mengakibatkan banjir luapan di wilayah Desa Bumiaji tepatnya di Sungai Kali Paron,” ucap Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Hujan dengan intensitas yang tinggi itu membawa volume debit air yang tinggi hingga membuat Sungai Kali Paron kembali meluap. Padahal beberapa saat lalu, meski hujan Kali Paron cukup aman dari banjir luapan.

Banjir luapan kali ini membuat air meluber hingga ke jalan sepanjang 50 meter. Air yang bercampur lumpur pun membuat jalan tertutup lumpur setebal 5 centimeter. “Jalan tertutup akibat lumpur yang meluber ke jalan setebal 5 centimeter. Untungnya kali Paron kali ini meluner tidak sampai berdampak pada rumah warga,” tambah Rochim.

Petugas gabungan pun langsung ke lokasi kejadian untuk melakukan pembersihan lumpur secara manual. Agar pembersihan berlangsung cepat, petugas melakukan buka tutup jalan. Selain pembersihan dilakukan secara manual, juga dilakukan penyemprotan jalan yang berlumpur agar tidak membahayakan pengendara yang melintas jalan tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, banjir luapan terjadi penyebab utamanya adalah tumpukan sampah. Apalagi banjir luapan di Sungai Paron didapati banyaknya ranting pohon yang terbawa aliran air. Alhasil mengakibatkan menutup drainase maupun daerah aliran sungai (DAS). Sehingga air meluap ke jalan maupun rumah warga.

“Dengan intensitas yang tinggi dan adanya tumpukan sampah menyebabkan banjir, karena itu kami terus meminta kepada warga okut menjaga lingkungan sekitar,” imbau Dewanti.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto