Malangtimes

UIN Maliki Malang Fokus Lakukan Pemetaan Diri Menuju QS WUR

Dec 05, 2022 19:26
Workshop pengisian formulir Quacquarelli Symonds World University Rankinks (UIN Malang)
Workshop pengisian formulir Quacquarelli Symonds World University Rankinks (UIN Malang)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus berupaya untuk menjadikan kampus unggul bereputasi internasional. Upaya itu salah satunya dengan mengundang seluruh pimpinan yang berkepentingan untuk mengikuti workshop pengisian formulir Quacquarelli Symonds World University Rankinks (QS WUR). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari di ruang pertemuan salah satu hotel di Kota Batu, Senin-Rabu (5-7/12/2022).

Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan penting untuk mendukung pemeringkatan UIN Maliki Malang di QS WUR dan QS Star. Ini juga menjadi bentuk keseriusan UIN Maliki Malang menuju kampus unggul dan bereputasi internasional. Pasalnya, rencana World Class University sudah masuk dalam roadmap kampus ini hingga 2025 kedepan.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Hj Umi Sumbulah, MAg menjelaskan, bahwa QS WUR sendiri memiliki banyak instrumen yang harus dipenuhi oleh institusi guna mendapatkan hasil yang optimal. Setidaknya terdapat 400 item yang terdiri dari berbagai aspek, baik itu dari aspek akademik hingga aspek kelulusan para alumni.

QS WUR setiap tahun selalu melakukan evaluasi. Hal ini untuk menjaga kualitas dan nilai universal yang harus ditaati oleh setiap lembaga. Melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) sebagai PIC,  UIN Maliki Malang optimis dapat mengupayakan agar UIN Maliki Malang masuk dalam pemeringkat QS WUR

Untuk memenuhi hal itu, tentunya tak mudah. Perlu sinergitas seluruh elemen civitas UIN Malang, baik itu pimpinan baik di tingkat rektorat, fakultas, maupun lembaga yang ada. Dengan begitu, dalam menyelesaikan tahapan yang ada guna mencapai target atau hasil yang optimal akan lebih mudah. 

1

"Tiga hari ini semua peserta workshop akan di dampingi langsung oleh Bapak Adharul Muttaqin ST MT Ketua Divisi Pemeringkatan UB Malang untuk mengisi formulir pengajuan di QS WUR," jelasnya.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, dari aspek mahasiswa asing ini juga memberikan kontribusi juga terhadap perangkingan kampus ini. Saat ini, UIN Maliki Malang memiliki ratusan mahasiswa asing. Jumlah total terdapat 539 mahasiswa asing di UIN Maliki Malang. 

Jumlah ini tentunya tak membuat UIN Maliki Malang berpuas diri  inovasi dan berbagai pengembangan akan terus dilakukan agar jumlah mahasiswa asing di kampus berlogokan Ulul Albab ini bertambah dan semakin dikenal di dunia.

"Alhamdulillah tahun ini ada 20 mahasiswa asing yang masuk kuliah di UIN Maliki Malang," paparnya.

Hal penting lainnya yang juga menjadi perhatian adalah pertukaran mahasiswa. Sebaran pertukaran mahasiswa terus diperluas tidak hanya di dalam negeri namun juga hingga ke luar negeri. Sebab hal ini juga merupakan elemen penting untuk peningkatan kualitas kelembagaan.

Pihaknya berharap, workshop pengisian QS WUR dan QS Star ini bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Dengan begitu, UIN Maliki Malang bisa memetakan peluang serta kemampuan di sektor mana yang bisa di unggulkan. Selain itu, UIN Maliki Malang juga dapat menganalisis kelemahan dan kekurangan yang ada agar bisa segera dilengkapi guna memenuhi standar dalam proses pemeringkatan di QS WUR.

"Insyaallah jika kita bergerak bersama kita akan bisa mencapai QS WUR ini. Semoga kegiatan yang dijadwalkan selama tiga hari ini senantiasa mendapat berkah dan ridho Allah SWT serta diberi kemudahan sehingga kegiatan ini bisa menyumbangkan salah satu tahapan menuju kampus unggul bereputasi internasional," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru