Malangtimes

Unikama Kedatangan Tim Monev Direktorat PPG Ditjen GTK, Ini Pesan yang Disampaikan 

Dec 05, 2022 15:58
Unikama Kedatangan Tim Monev Direktorat PPG Ditjen GTK (Ist)
Unikama Kedatangan Tim Monev Direktorat PPG Ditjen GTK (Ist)

JATIMTIMES - Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Direktorat Pofesi Pendidikan Guru (PPG) Direktorat Jendral Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) melakukan monitoring proses pelaksanaan pada Program PPG Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) beberapa waktu lalu. Tim Money itu terdiri dari Dr Itje Chodidjah MA, Dr. Sukmawati MPd dan Vina Mayasari ST.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Unikama, Dr Triwahyudianto SPd MSi, menyampaikan dalam sambutannya, jika kedatangan tim Monev ini tentunya bertujuan baik dalam mendorong sekaligus evaluasi peningkatan mutu dan kualitas Program PPG yang ada di Unikama.

1

Dalam Monev, pihaknya berharap mendapatkan masukan atau koreksi yang dapat meningkatkan kualitas PPG yang ada di Unikama, baik itu Program PPG Daljab maupun Prajab.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah telah mempercayakan kepada Unikama dalam melaksanakan Program PPG Daljab maupun Prajab. Saya harap pada pelaksanaan Monev ini bisa memberikan masukan dan koreksi kepada kami untuk dapat berkembang lebih baik.” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan Tim Monev, Dr Itje Chodidjah, MA, menyampaikan, bahwa Program PPG adalah bentuk peningkatan kualitas guru menjadi guru profesional. Sebab, tanggungjawab atau amanah yang diemban sangatlah besar dalam mendidik anak-anak.

2

Secara piramida guru ada diatas para murid. Sehingga, perilaku anak-anak ditentukan juga oleh perilaku oleh guru yang menjadi contoh. Guru-guru yang ada di dalam kelas, mereka tidak hanya belajar ilmu tetapi juga perilaku.

"Untuk peserta PPG yang akan menjadi guru profesional ini tidak hanya dididik untuk siap lulus, tetapi untuk menyiapkan diri mendidik manusia"paparnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan jika kedepan, guru akan memiliki banyak tantangan. Para guru akan menghadapi situasi yang tak tentu. Belum lagi, hal ini juga ditambah dengan distorsi dari perkembangan teknologi yang semakin maju. 

Oleh karena itu, ditegaskannya, kedatangan Tim Monev ini merupakan kesempatan baik bagi Program PPG Unikama agar bisa menjadi paling unggul. Meski dalam upaya tersebut membutuhkan proses panjang. 

"Kami dari Kemdikbud juga menyadari betapa berat tanggung jawab guru yang akan mengajar anak-anak untuk siap hidup bukan siap lulus saja," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru