Malangtimes

Gubernur Jatim Sudah Kirimkan Tiga Nama Calon Pj Wali Kota Batu

Dec 04, 2022 19:36
Balai Kota Among Tani.
Balai Kota Among Tani.

JATIMTIMES - DPRD Kota Batu telah mengusulkan tiga nama calon Pj Wali Kota Batu periode 2022-2024 beberapa saat lalu. Tiga usulan calon nama pun rupanya telah dikirimkan oleh Gubernur Jatim kepada Kemendagri.

Tiga nama calon itu telah dikirimkan pada November 2022 lalu. Ketiga nama calon yakni, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim Aries Agung Paewai, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim Pulung Chausar, dan Kepala Dinas Peternakan (Kadisnak) Jatim Indyah Aryani.

“Iya. Iya (berkas) sudah dikirimkan. Sekarang tinggal menunggu siapa yang disetujui Mendagri,” Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono.

Adhy menambahkan, seleksi untuk menjadi Pj Wali Kota Batu terpilih sangat ketat dan berat. Meskipun masa jabatannya cukup pendek, tetapi Mendagri Tito Karnavian akan sangat selektif sebelum menjatuhkan pilihannya.

Bukan hanya administrasi, tentunya juga rekam jejak calon pun akan diteliti sangat detail. “Nah, BIN (Badan Intelejen Negara) yang punya tugas untuk itu (meneliti rekam jejak calon),” tambah Adhy.

Surat keterangan definitif Pj Walikota Batu diharapkan sudah turun sebelum 27 Desember 2022 mendatang. Sementara itu calon nama Pj Wali Kota Batu bukan hanya diusulkan dari DRPD Kota Batu, Gubernur Jatim, tetapi juga dari kementerian.

Sedangkan tiga nama calon lainnya menjadi hak prerogatif Mendagri. Bisa saja yang diusulkan pejabat dari pusat, bisa juga dari daerah lainnya.

Sementara tiga nama calon dari DPRD Kota Batu yakni, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur Dr. Hudiyono, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M. dan Sekretaris Daerah Kota Batu Drs. Zadim Efisiensi, M.Si.

Sesuai data Pemprov Jatim, surat usulan Penjabat Walikota Batu dituangkan dalan SK Gubernur nomor 131/43706/011.2/2022 tertanggal 14 November 2022 yang diteken Gubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru