Malangtimes

Update, Erupsi Gunung Semeru, Awan dan Hujan Abu sudah Masuk ke Kabupaten Malang

Dec 04, 2022 15:29
Gunung semeru kembali erupsi. (Foto dari internet)
Gunung semeru kembali erupsi. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Erupsi Gunung Semeru kini sudah meningkat. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Semeru menjadi awas (Level IV), pada Minggu (4/12/2022).

Hal itu berdasarkan pantauan terkini pasca-erupsi Minggu pagi. Gunung semeru mengeluarkan guguran awan panas yang meluncur sejauh 7 kilometer.

Menurut Kepala PVMBG Hendra Gunawan, Status Gunung Semeru dinaikkan dari Siaga (Level 3) menjadi Awas (Level 4).

"Status Gunung Semeru dinaikkan dari Siaga (Level 3) menjadi Awas (Level 4) terhitung hari Minggu 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB," katanya dikutip dari kompascom

Kini hujan abu itu sudah mengguyur wilayah Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pasca-erupsi Gunung Semeru, Minggu (4/12/2022).

Hal itu diungkapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan.

"Hanya abu saja yang masuk ke wilayah Malang, sama seperti tahun-tahun yang lalu. Ada laporan di wilayah Kecamatan Ampelgading," ucapnya.

Sadono mengatakan wilayah Kabupaten Malang tidak mengalami kerusakan, karena hanya abu saja yang masuk.

"Tidak ada kerusakan untuk di wilayah Kabupaten Malang," tambahnya.

Camat Ampelgading Stefanus Lodewyk juga mengatakan hal yang sama dengan Sadono. Menurutnya, usai gunung semeru erupsi, terjadi hujan abu tipis di wilayah setempat.

Lebih lanjut Stefanus mengatakan hujan abu vulkanik itu saat ini tidak terlihat karena situasinya yang sedang hujan. Dengan turunnya hujan itu, Stefanus mengatakan kondisi saat ini sudah mulai kondusif.

"Hujan abu sedikit sekali. Tadi dari salah satu desa ada laporan, abu di daun pisang, tapi aman dan tidak ada kerusakan. Laporan dari Desa Argoyuwono," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru