Malangtimes

Dongkrak Potensi Daerah, Kawasan Pendapa Agung Bakal Disiapkan untuk Pamerkan Produk Lokal

Dec 03, 2022 20:30
Bupati Malang, HM. Sanusi saat mengunjungi salah satu festival kuliner yang digelar di Pendapa Agung Kabupaten Malang. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Bupati Malang, HM. Sanusi saat mengunjungi salah satu festival kuliner yang digelar di Pendapa Agung Kabupaten Malang. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Kawasan Pendapa Agung Kabupaten Malang yang berada di JL. KH Agus Salim Malang menjadi salah satu bidikan sebagai salah satu pusat pemulihan ekonomi masyarakat. Dimana, kawasan yang sudah berstastus cagar budaya itu bakal disiapkan menjadi venue bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk menawarkan hasil produksinya. 

Menurut Bupati Malang, HM. Sanusi, hal itu juga mengacu pada program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk menuju One Village One Destination dan One Village One Product. Dimana nantinya, di kawasan Pendapa Agung akan menampilkan produk-produk unggulan yang ada di setiap kecamatan. 

"Nah tujuannya kesana (pemulihan ekonomi). Tujuannya untuk membikin destinasi wisata kuliner dan destinasi kesenian. Nanti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) yang akan mengatur jadwalnya," terang Sanusi. 

Jika jadwalnya sudah terbentuk, nantinya akan turut dipromosikan melalui agen travel wisata yang sudah berjaringan dengan Pemkab Malang. Tujuannya, agar wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang bisa lebih tertarik untuk berwisata. 

Sanusi mengatakan bahwa rencana tersebut juga menjadi sebuah penegasan bahwa Pendopo Agung Kabupaten Malang terbuka bagi masyarakat untuk menggelar ajang atau pagelaran kesenian. Namun bagi masyarakat yang ada di 33 kecamatan. 

"Jadi nanti untuk mengembangkan potensi yang ada di setiap kecamatan. Baik itu kesenian, atau produk olahan dan kerajinan," tegas Sanusi.

Nantinya, di Kawasan Pendapa Agung akan disediakan semacam outlet sejumlah kecamatan yang ada. Yang bakal digunakan untuk memamerkan produk unggulan dari setiap kecamatan yang ada. Rencana itu sebelumnya juga diselaraskan dengan diresmikannya Galeri Dekrasnada yang juga berada di Kawasan Pendopo Agung.  

Sementara itu, secara berangsur, kantor-kantor organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Malang juga akan berpindah ke Kepanjen. Sehingga, menurut Sanusi, untuk pelayanan publik juga direncanakan untuk berpusat di Kepanjen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru