Malangtimes

Kenali Berbagai Jenis Helm Terbaik Yang Dijual di Pasaran

Dec 03, 2022 17:55
Ilustrasi (Istimewa)
Ilustrasi (Istimewa)

JATIMTIMES - Helm merupakan sarana untuk melindungi bagian tubuh yaitu kepala, salah satu organ yang rawan terkena benturan. Helm sendiri biasa digunakan di berbagai kegiatan seperti aktivitas biasa yaitu olahraga, aktivitas sipil militer hingga berkendara atau saat bekerja di sebuah proyek. Seperti diungkapkan Bestproduct.id yang merangkum berbagai helm terbaik, menurut fungsinya helm dibagi menjadi beberapa jenis.

Walaupun tujuan utama dari helm sendiri itu masih tetap sama, yaitu meredam benturan yang terjadi ke kepala untuk mengurangi resiko cedera. Tulisan ini akan merangkum beberapa jenis helm yang beredar dan dijual di pasaran, terutama helm untuk kendaraan bermotor karena helm jenis inilah yang memiliki beberapa jenis.

Jenis Helm Terbaik Di Pasaran

Daftar jenis helm yang beredar di pasaran adalah sebagai berikut
● Full Face
● Modular
● OFF Road
● Half
● Open Face
● Dual Sport
Masing-masing produk helm tersebut memiliki desain dan karakteristik yang berbeda serta menawarkan kenyamanan yang bervariasi. Mari kita bahas satu persatu helm tersebut.

Full Face

Seperti namanya, helm ini merupakan helm yang menutup semua bagian kepala dan juga leher. Salah satu helm yang menurut Indotimes yang paling aman karena melindungi leher
serta kepala dengan desain yang kokoh. Fitur utama yang membedakan helm ini dengan yang lainnya ialah di bagian dagu, karena desain dari helm ini bisa melindungi dagu yang mana dagu ini mengalami dampak parah sebanyak 50% saat terjadi kecelakaan.

Modular

Kalau dilihat secara sekilas helm modular ini sedikit mirip dengan helm terbaik jenis Full Face. Namun ada yang sedikit berbeda, yaitu bagian dagu dari helm ini bisa bisa diangkat layaknya kaca helm yang biasa. Sangat cocok buat para pengendara yang ingin mencari kesegaran saat sedang berhenti di suatu tempat untuk sementara. Malahan ada yang mengira kalau helm ini diperuntukkan bagi para perokok, padahal tidak.

Off Road

Sesuai dengan namanya, helm ini dikhususkan untuk para rider yang suka berkendara di tanjakan atau jalan terjal. Karena produk helm terbaik satu ini menawarkan perlindungan penuh dengan ventilasi udara yang nyaman. Serta melindungi para biker dari debu-debu yang berterbangan. Hanya saja biasanya helm jenis ini tidak memiliki kaca pelindung, sehingga membutuhkan kacamata yang bisa dibeli terpisah.

Half

Jenis helm satu ini hanya menawarkan perlindungan pada kepala bagian atas saja, tidak melindungi telinga ataupun dagu. Umumnya helm jenis ini biasa dipakai oleh pengendara sepeda gowes. Sangat cocok untuk bepergian jarak dekat karena menawarkan keleluasaan ketika berkendara. Walaupun tidak menawarkan perlindungan layaknya helm full face.

Open Face

Untuk helm berjenis Open Face ini merupakan helm yang paling banyak digunakan di Indonesia. Cirinya adalah helm ini tidak memiliki perlindungan di bagian wajah karena bagian ini hanya ditutupi oleh kaca saja yang bisa dinaikkan ataupun diturunkan. Secara keseluruhan helm ini menawarkan perlindungan kepala seperti helm full face. Karena cukup terbuka helm ini tidak melindungi dari kondisi cuaca ataupun debu dan puing-puing yang ada di jalan.

Dual Sport

Sedangkan untuk produk helm terbaik yang terakhir adalah bernama dual sport yaitu gabungan dari helm off road dan juga full face. Dimana selain memiliki kaca pelindung sendiri, helm ini juga memungkinkan para pengendara untuk mengenakan kacamata khusus pengendara bila diinginkan. Helm ini juga memiliki desain yang keren serta aerodinamis.

Itulah dia pembahasan tentang berbagai jenis helm di pasaran, membeli helm yang tepat bisa mengurangi resiko cedera yang terjadi saat berkendara. Maka dari itu pilihlah helm yang sesuai dan yang tak kalah penting adalah berlabel SNI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru