Malangtimes

1 Kasus Leptospirosis Terdeteksi di Kota Batu, Efeknya Bikin Pasien Alami Gangguan Fungsi Ginjal

Dec 03, 2022 16:54
Ilustrasi penyakit leptospirosis penyakit yang ditularkan melalui kencing tikus. (Foto: halodoc)
Ilustrasi penyakit leptospirosis penyakit yang ditularkan melalui kencing tikus. (Foto: halodoc)

JATIMTIMES - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu meminta kepada warga Kota Batu untuk mewaspadai leptospirosis penyakit yang ditularkan melalui kencing tikus. Melihat sudah ada satu kasus terhadap penyakit tersebut. Leptospirosis merupakan salah satu penyakit penyerta banjir yang jarang diketahui oleh masyarakat. Penyakit ini kerap dijumpai saat musim penghujan saat ini. 

“Selama tahun 2022 ini di Kota Batu dilaporkan ada 1 penderita penyakit kencing tikus,” ucap Koordinator Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penanganan Bencana, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, dr Susana Indahwati. 

Susan menjelaskan pada pertengahan September 2022 dilaporkan 1 kasus leptospirosis yang terdeteksi pada laki-laki usia 41 tahun, pekerjaannya berkebun. Mulanya mendapati keluhan nyeri perut, mual, nyeri kaki, dan demam selama 1 minggu.

“Sebelum MRS mual muntah 3 hari ada riwayat kontak dengan air menggenang di bekas kandang. Karena timbul colic abdomen dan ikterik, maka dokter merujuk ke RS Karsa Husada,” tambah Susan.

Selama perawatan, pasien tersebut hingga mengalami gangguan fungsi ginjal dan telah mendapatkan 2 kali cuci darah. Dengan adanya kasus tersebut, membuat tenaga kesehatan puskesmas setempat melakukan penyelidikan epidemiologi dan skrining kesehatan pada seluruh keluarga dan warga sekitar untuk memastikan bahwa tidak ada penularan.

Kemudian dilakukan pemantauan lingkungan sekitar rumah. Ternyata didapati tikus ada di sekitar luar rumah/plafon dan ada bekas kandang kelinci tidak terawat juga kotor.

“Pemeriksaan kontak erat dan lingkungan sekitar radius 200 meter dari rumah pasien melibatkan 49 KK. Tidak ada tetangga yang bergejala dan sudah dilakukan kerja bakti oleh warga dan penyuluhan oleh tim dari puskesmas,” imbuh Susan.

Sedangkan dalam satu kasus tersebut didapati saat sungai meluap pada 2 pekan yang lalu saat hujan deras. Karena itu Dinas Kesehatan Kota Batu meminta warga agar menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru