Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

DPUPRPKP Kota Malang Turut Aktif dalam Pengembangan Ilmu Kearsipan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

03 - Dec - 2022, 14:26

DPUPRPKP mendapatkan penghargaan usai kegiatan Sowan Arsiparis (Ist)
DPUPRPKP mendapatkan penghargaan usai kegiatan Sowan Arsiparis (Ist)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, turut aktif dalam pengembangan maupun kontribusi dalam dunia pendidikan. Seperti halnya beberapa waktu lalu, DPUPRPKP Kota Malang bekerja sama dengan mahasiswa saling sharing terkait ilmu kearsipan.

Mahasiswa konsentrasi kearsipan dari Universitas Brawijaya dan Politeknik Negeri Malang yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kearsipan Indonesia (HMKI) bekerja sama dengan DPUPRPKP dalam pelaksanaan program kerja HMKI yaitu Sowan Arsiparis.

Ketua Umum HMKI, Tania Nur Azizah Amalia menyampaikan, jika Sowan Arsiparis merupakan program untuk menambah 
khasanah penerapan ilmu kearsipan di DPUPRPKP, juga sebagai wadah mahasiswa dalam pembelajaran ilmu kearsipan sesuai kondisi di lapangan. 

Untuk itulah, pihaknya bersama para mahasiswa berkunjung ke DPUPRPKP Kota Malang untuk melihat langsung penjelasan dan mekanisme pengarsipan di DPUPRPKP Kota Malang. 

"Sehingga mahasiswa tak hanya mendapatkan ilmu dari bangku perkuliahan namun mahasiswa juga menjadi lebih peka terhadap permasalahan dan sistem pengelolaan kearsipan di lapangan," terangnya.

Lebih lanjut, program Sowan Arsiparis merupakan program yang dilaksanakan secara serentak di berbagai wilayah seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, dan Malang. 

Project Officer dari Sowan Arsiparis HMKI, Ihsanuddin, menambahkan, dipilihnya DPUPRPKP sebagai salah satu instansi yang dikunjungi HMKI, lantaran DPUPRPKP selama ini dipandang kooperatif dalam pelaksanaan kegiatan yang berimbas positif.

"DPUPRPKP Kota Malang menjadi salah satu instansi yang dikunjungi HMKI, sebab DPUPRPKP kooperatif dalam pelaksanaan kegiatan berimpact positif," ujarnya.

Dalam Sowan Arsiparis ini, Samsul I dan dari DPUPRPKP  dan Ahmad Adi sebagai narasumber kegiatan Sowan Arsiparis di DPUPRPKP, memberikan paparan materi dan pemahaman kepada mahasiswa terkait pelaksanaan kegiatan pengelolaan arsip mulai dari arsip inaktif hingga arsip statis. Selain itu mahasiswa juga diarahkan ke beberapa ruangan arsip untuk penjelasan lebih terkait tata kelola arsip di DPUPRPKP.

Sementara itu, Firza Berliana Safira, Kepala Divisi Keilmuwan dan Pengembangan HMKI juga mengatakan, kegiatan ini dapat menjadi motivasi dan energi positif untuk optimalisasi dan peningkatan kinerja dalam memastikan pengelolaan kearsipan yang lebih prima.

"Harapannya kegiatan Sowan Arsiparis dapat bermanfaat baik bagi mahasiswa kearsipan maupun bagi instansi," pungkasnya.

1

Usai pemaparan materi dan sambutan, HMKI juga memberikan sertifikat penghargaan atas kerja sama dalam pengembangan ilmu kearsipan. 


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya