Malangtimes

Bola Canggih Piala Dunia 2022 Qatar Bukan Buatan Indonesia

Dec 03, 2022 13:34
Al Rihla saat digunakan di salah satu pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar (foto: istimewa)
Al Rihla saat digunakan di salah satu pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Masyarakat Indonesia begitu bangganya karena mendengar kabar bahwa bola yang digunakan pada ajang Piala Dunia 2022 Qatar adalah buatan Tanah Air. Namun, ternyata bola yang diproduksi di Indonesia hanyalah digunakan untuk souvenir.

Bola resmi FIFA World Cup 2022 (Piala Dunia 2022) yang diberi nama Al Rihla ternyata bukan buatan Indonesia. Bola yang memiliki sejumlah fitur teknologi itu merupakan produk buatan Pakistan dan China. Sedangkan, Al Rihla yang dibuat di Indonesia hanyalah untuk replika demi keperluan souvenir.

Dilansir dari berbagai sumber, Al Rihla diproduksi di Sialkot, salah satu desa Pakistan yang dekat dengan perbatasan Kashmir. Disebutkan, sekitar 70 persen bola sepak dunia dibuat di salah satu dari 1.000 pabrik di kota tersebut, termasuk bola resmi Piala Dunia 2022, Al Rihla.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyatakan Adidas memercayakan Global Way Indonesia yang bertempat di Madiun, Indonesia, untuk memproduksi bola tersebut. Disebutkan, perusahaan ini telah mengekspor bolanya ke Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan Brasil.

Mengutip laman resmi FIFA, Al Rihla yang bermakna "Perjalanan" ini memiliki warna cerah yang terinspirasi oleh budaya, arsitektur, kapal ikonik, dan bendera Qatar. Bola tersebut juga didesain ramping sehingga menghadirkan akurasi dan stabilitas ketika melayang di udara.

Al Rihla sendiri diketahui memiliki sejumlah fitur teknologi canggih di dalamnya, seperti CRT-Core, speedshell, dan connected ball. Salah satu fiturnya, connected ball membuat setiap sentuhan pemain dengan bola terekam dan perpantau.

Bukti kecanggihan Al Rihla terlihat pada pertandingan Portugal vs Uruguay pada Senin (28/11/2022) lalu. Pada pertandingan tersebut, terdapat kontroversi karena sejumlah pihak menuduh FIFA 'merebut' gol dari Cristiano Ronaldo sehingga ia dinyatakan gagal mencetak gol. Namun, FIFA membantah tuduhan tersebut dengan penjelasan tentang kecanggihan bola resmi Piala Dunia 2022.

"Dalam pertandingan antara Portugal dan Uruguay, menggunakan teknologi connected ball yang ditempatkan di bola pertandingan resmi Adidas Al Rihla, kami dapat secara definitif menunjukkan tidak ada kontak pada bola dari Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka dalam pertandingan tersebut," kata FIFA dalam sebuah pernyataan kepada ESPN, dikutip dari Goal, Rabu (30/11/2022).

FIFA pun menjelaskan bahwa tidak ada kekuatan eksternal pada bola yang dapat diukur seperti yang ditunjukkan oleh kurangnya 'detak jantung' dalam pengukuran.

"Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami untuk sangat akurat dalam analisis kami," tegas FIFA.

Bola Piala Dunia FIFA terbaru memungkinkan data real-time untuk diberikan kepada ofisial pertandingan. Ini membantu keputusan offside dan gol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru