Malangtimes

Terbaik Se-Indonesia, Kades Sananrejo Turen Juara Lomba Kades Perempuan Inspiratif 2022

Dec 03, 2022 11:36
Kades Sananrejo Erna Yustining bersama juara kedua dari Provinsi Sulawesi Selatan dan juara ketiga dari Provinsi Papua.(Foto: Istimewa).
Kades Sananrejo Erna Yustining bersama juara kedua dari Provinsi Sulawesi Selatan dan juara ketiga dari Provinsi Papua.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Kabupaten Malang kembali harus berbangga atas prestasi yang berhasil diraih di ajang berskala nasional. Ajang tersebut digelar oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). 

Ajang tersrbut yakni Lomba Kepala Desa Perempuan Inspiratif 2022. Pada ajang tersebut, setidaknya ada sebanyak 160 kepala desa (kades) perempuan se-Indonesia yang dipilih oleh Kemendes PDTT. Selanjutnya dilakukan berbagai penilaian. 

Dalam lomba tersebut, Kades Sananrejo, Kecamatan Turen, Erna Yustining berhasil meraih juara pertama. Dia menyisihkan 160 kades perempuan yang dipilih oleh Kemendes PDTT. 

Dari 160 kades tersebut, kementerian melanjutkan penilaian dan melakukan penyaringan. Hingga akhirnya mendapat 20 nama kades yang dinilai layak untuk penilaian selanjutnya. 

"Sebanyak 20 orang kades perempuan yang terpilih ini kemudian dilakukan verifikasi langsung oleh Kemendes PDTT. Verifikasi itu dilakukan dengan melakukan kunjungan lapang," ujar Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Eko Margianto, Sabtu (3/12/2022) pagi. 

Setelah dilakukan kunjungan lapang, 20 kades tersebut dilakukan penyaringan hingga mendapat 10 nama kades terbaik. Ke-10 kades tersebut lantas diundang ke Jakarta oleh kementerian untuk melakukan paparan terkait inovasi dan capaian yang berhasil diraih. 

Dari 10 nama kades tersebut, Kades Sananrejo Erna Yustining bersaing dengan 9 jades perempuan lain dari beberapa daerah. Yakni kades Lembah Neidam Provinsi Papua, kades Totallang Provinsi Sulawesi Tenggara, jades Moronge I provinsi Sulawesi Utara, kades Tabarano dan Balielo Provinsi Sulawesi Selatan, kades Dualasi Raiulun Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kades Manduin Provinsi Kalimantan Selatan, kades Kedawung Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan jades Purwo Bakti Provinsi Jambi. 

Hasilnya, dari penilaian panitia, diambil 3 terbaik yang dipilih menjadi juara. Juara pertama diraih  Kades Sananrejo Erna Yustining. Juara kedua disabet oleh Kades Tabarano Sulawesi Selatan Rimal Manuk Allo. Dan juara ketiga direngkuh oleh Kades Lembah Neidam Papua, Dorsila Wasti Ambani. 

"Jumat (2/12/2022) malam tadi  pengumumannya. Hasilnya, kades Sananrejo keluar sebagai juara pertama," jelas Eko. 

Menurut Eko, capaian tersebut patut untuk dibanggakan karena salah satu kepala desa perempuan asal Kabupaten Malang menjadi yang terbaik di Indonesia pada ajang yang digelar Kemendes PDTT. 

"Semoga prestasi yang diraih kades Sanarejo Turen ini bisa menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya untuk berinovasi dan bekerja membangun desanya," pungkas Eko. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru