Malangtimes

Ini Penjelasan Gol Kontroversial Jepang Vs Spanyol 

Dec 02, 2022 19:41
Nampak dalam tayangan ulang bola Kaouru Mitoma sudah keluar lapangan sebelum diumpankan ke Ao Tanaka (foto:Twitter)
Nampak dalam tayangan ulang bola Kaouru Mitoma sudah keluar lapangan sebelum diumpankan ke Ao Tanaka (foto:Twitter)

JATIMTIMES - Kontroversi, lagi-lagi terjadi di Piala Dunia 2022. Kali ini kontroversi terjadi dalam laga pertandingan timnas Jepang melawan Spanyol. Tepatnya saat gol kedua Jepang terjadi. 

Diketahui, matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Spanyol berlangsung Jumat (2/12/2022) dini hari tadi. Laga tersebut berjalan penuh kejutan dan drama. 

Hasil skor pertandingan kedua timnas Grup E itu dimenangkan Jepang atas Spanyol dengan skor 2-1. Namun penentu gol kemenangan Jepang, banyak menimbulkan kontroversi di kalangan publik. 

Saat Jepang melakukan serangan balik ke gawang Spanyol, Doan mengirim umpan mendatar dari sisi kiri gawang Spanyol ke sisi kanan. Kaouru Mitoma pun mengejar bola tersebut, lalu mengirim umpan ke depan gawan. Ao Tanaka pun menerima umpan dan mencetak gol ke gawang Spanyol di menit ke 51. 

Namun ketika Mitoma mengejar bola, nampak kulit bundar bola seperti sudah keluar dari lapangan atau keluar garis. Bahkan dalam tayangan ulang sangat jelas bahwa bola nampak keluar. 

Awalnya wasit Victor Gomes sempat ragu dan memutuskan ngecek VAR untuk memastikan hal itu. Setelah berkoordinasi, akhirnya wasit tetap mengesahkan gol Jepang. 

Dilansir TikTok @footballfreak.id, ternyata keputusan itu dibuat karena menurut wasit dan tim VAR, bola tersebut terhitung masih aktif. Memang sih bagian bawahnya sudah keluar, tapi bagian cekungan belakang bola masih berada di atas garis meskipun tidak menyentuh secara langsung. Atas dasar itulah, wasit di lapangan mengesahkan gol Ao Tanaka. 

Selain itu, FIFA juga mengeluarkan statement terkait kontroversi gol kedua Jepang ini. Dalam pernyataannya, FIFA menjelaskan kalau proses gol kedua Jepang sudah ditinjau secara intens dengan VAR. Dan hasilnya pemain Jepang Kaouru Mitoma masih bisa menjaga bola tetap hidup sebelum dia memberikan umpan. 

FIFA juga menambahkan di dalam sepak bola semua akan dihitung meskipun hanya beberapa milimeter saja. Nah gimana tuh menurut kalian?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru