Malangtimes
Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022

Konten Kreator ini Jelaskan Filosofi Maju Sejahtera Bersama Malang Makmur dalam Bait Puisi

Dec 02, 2022 19:17
Cuplikan video salah satu peserta Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022. (Foto : Istimewa)
Cuplikan video salah satu peserta Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022. (Foto : Istimewa)

JATIMTIMES - Apa yang disajikan oleh akun @rifqifadlh_ dan @agoytama dalam Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 ini, bisa dikatakan cukup menarik. Melalui konten video berdurasi 1 menit 38 detik, mereka menjelaskan tentang apa itu filosofi dari visi Kabupaten Malang. Yakni Maju, Sejahtera Bersama Malang Makmur.

"Malang. Jika harus menyebutkan nama kota yang maknanya adalah rumah. Aku akan selalu memilih dan berujung pada namamu. Kau himpun berjuta kenang, di kepala yang rindu akan pulang," ucap sosok pemilik akun @agoytama yang menjadi Voice Over atau VO dalam video tersebut.

Melalui untaian bait puisi yang tersusun rapi, konten kreator tersebut juga mengartikan jika Malang adalah tempat yang layak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih tenang.

"Malang. Jika harus memutuskan untuk tinggal dan hidup lebih lama di satu kota. Aku akan memilih dan memastikan untuk tetap menetap di dalammu. Kau tempat aku dilahirkan, tempat aku di besarkan, dan tempat aku ingin hidup lebih lama dengan tenang," ulasnya.

Bergeser pada kata selanjutnya, yakni Maju. Salah satu peserta Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 ini, menyebut jika filosofi dari kata Maju dalam visi Kabupaten Malang adalah upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, untuk terus berupaya memajukan wilayahnya.

"Maju. Tidak ada kata mundur di tempat yang penuh syukur. Selalu maju menyongsong masa depan cerah dari seluruh manusia yang bernaung di bawahnya," ulasnya.

Lanjut, bergeser ke kata Sejahtera, memiliki filosofi untuk selalu berserah diri setelah berupaya untuk mewujudkan cita-cita maupun harapan bersama. "Sejahtera. Berbagai tempat terbaik kau siapkan, agar hati yang sempat tercabik kenyataan pahit kau sembuhkan. Ya, Sejahtera, Serahkan Saja Harapan Terbaik pada Ahlinya," terangnya.

Bergeser ke filosofi dibalik kata Makmur. Mereka menyebut Makmur dengan istilah perilaku dan tutur kata yang mulia. Mencerminkan sifat dari masyarakat dan pemerintah yang ada di Kabupaten Malang.

"Makmur. Masa depan yang teratur. Coba kau wujudkan dalam baiknya laku dan indahnya tutur. Melimpah doa-doa, meruah berkah-berkah," ungkapnya.

Dalam bait terakhir dalam puisinya, konten kreator ini berharap agar Kabupaten Malang selalu menjadi tempat yang membuat seseorang akan selalu rindu untuk pulang.

"Malang. Tetaplah terang bersinar. Merawat ingatan dan debar. Menjaga mimpi yang besar. Malang, jadilah muara kenang. Tempat orang-orang yang akan selalu merindu pulang," tukasnya.

Sekedar informasi, video berdurasi 1 menit 38 detik tersebut merekam beberapa sudut Kabupaten Malang dari ketinggian. Tak kurang ada 13 titik yang disajikan dalam video dengan pengambilan gambar secara landscape tersebut.

Sebanyak 13 titik itu meliputi pengambilan gambar video di wilayah Kecamatan Lawang, area persawahan Kecamatan Karangploso, Pendopo Kabupaten Malang, Gerbang Kota Kepanjen, Kantor Bupati Malang, Perkebunan tebu di Kecamatan Jabung, Gunung Bromo, Candi Singosari, Pujon Kidul, Bumi Perkemahan Bedengan, Wisata Petik Jeruk Selorejo, Pantai Gatra, hingga Pantai Sendangbiru.

Diskominfo Kabupaten Malang

Sekadar informasi, Lomba Konten Kreator yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang bersama dengan Jatim Times ini, dilaksanakan sejak tanggal 11 November.

Semula pihak penyelenggara memutuskan untuk membatasi waktu pendaftaran sampai dengan 23 November 2022. Namun, setelah berbagai pertimbangan dan masukan dari calon peserta, serta tingginya animo yang ingin berpartisipasi dalam Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022. Pihak penyelenggara akhirnya memutuskan untuk memperpanjang waktu pendaftaran.

Dengan adanya keputusan tersebut, batas pendaftaran Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 diperpanjang hingga 10 Desember 2022 mendatang. Sementara itu, untuk nominator terbaik akan diumumkan pada 13 Desember 2022.

Untuk diketahui, hadiah total yang disediakan panitia yaitu sebesar Rp 44 Juta. Dengan rincian sebagai berikut;

Hadiah Kategori Umum (Perorangan)
a. Juara 1: Rp 4 juta
b. Juara 2: Rp 3 juta
c. Juara 3: Rp 2 juta

Hadiah Kategori Sekolah (Beregu)
a. Juara 1: Rp 7,5 juta
b. Juara 2: Rp 6 juta
c. Juara 3: Rp 4 juta

Hadiah Kategori Organisasi Perangkat Daerah (Beregu) 
a. Juara 1: Rp 7,5 juta
b. Juara 2: Rp 6 juta
c. Juara 3: Rp 4 juta

Sedangkan untuk Peserta di setiap kategori lomba adalah sebagai berikut;

- Umum (Perorangan)
Bisa diikuti oleh masyarakat umum berbagai usia dan berbagai domisili, tidak harus di kabupaten Malang. Bisa juga diikuti oleh pengelola wisata, hotel, hingga pelaku UMKM.

- Sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Malang (Beregu)
Misal: SDN 1 Banjararum, SMP Daarul Ukhuwwah Pakis, SMPN 2 Pakis, MAN
Gondanglegi, SMK Diponegoro Tumpang, SMA Ar Rohmah Dau, dan seterusnya.

- Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Malang, beserta unit kerja di bawahnya (Beregu)
Misal: Diskominfo Kabupaten Malang, BKPSDM Kabupaten Malang, RSUD Lawang, Puskesmas Ampelgading, UPT Dinas Bina Marga Kepanjen, UPT Bapenda Singosari, dan lain sebagainya.

Tema:
“Maju, Sejahtera Bersama Malang Makmur”

Kemudian untuk syarat dan ketentuan sebagai berikut:

- Memiliki kartu identitas (kartu pelajar/kartu mahasiswa/KTP), atau memakai kartu identitas perwakilan apabila peserta di bawah usia.

- Warga Negara Indonesia (WNI).

- Memiliki akun TikTok dan Instagram.

- Akun tidak boleh dikunci dan tidak boleh mengganti username yang didaftarkan.

- Peserta wajib follow akun medsos berikut:
Instagram @malangkab @kominfokabmlg @jatimtimescom
TikTok @kominfokabmlg dan @jatimtimes.

- Hanya boleh mengirim satu karya terbaik.

- Video sesuai dengan tema lomba.

- Durasi video 1 menit sampai 2 menit.

- Unggah di TikTok dengan tag akun TikTok @kominfokabmlg.

- Selain mengunggah di TikTok, peserta juga wajib mengunggah video di akun
Instagram dengan tag akun @malangkab @kominfokabmlg.

- Wajib memakai hashtag #KabupatenMalang #HUT1262KabMalang #PialaBupatiMalang2022

- Video tidak boleh dihapus selama periode lomba sampai pengumuman pemenang.

- Peserta mengisi dan mengirimkan link video di google form yang telah disediakan.

- Karya orisinil dan belum pernah diikutkan lomba serupa (dilengkapi surat pernyataan).

- Karya tidak melanggar hak cipta/menyinggung isu SARA/tidak vulgar.

-Peserta yang melakukan kecurangan akan didiskualifikasi.

- Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

- Upload Surat Pernyataan Keaslian Karya. (format surat pernyataan bisa diunduh di link yang disediakan, atau juga bisa menghubungi contact person di nomor 0881-3115-641 dan website maupun media sosial Jatim TIMES)

Penilaian:

- Orisinalitas
- Kekuatan pesan yang disampaikan
- Kualitas gambar
- Kreativitas

Penjurian:

Karya seluruh peserta diseleksi dulu oleh panitia untuk menentukan 10 nominator tiap kategori. Lalu, karya dari hasil penjaringan tersebut akan dinilai oleh para juri yang terhormat, yaitu mulai dari Bupati Malang, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Wakil Bupati Malang, Sekda Kabupaten Malang, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang.

Sebagai catatan, panitia tidak pernah memungut biaya apapun alias pendaftaran bagi semua peserta gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru