Malangtimes

Lestarikan Makanan Lokal, Ribuan Porsi Gratis di Festival Sego Empok 2022 Digeruduk

Dec 01, 2022 17:55
Peserta saat menunjukkan nasi empol di atas daun pisang.
Peserta saat menunjukkan nasi empol di atas daun pisang.

JATIMTIMES - Sempat absen selama dua tahun lantaran  pandemi Covid-19, Festival Sego Empok kembali digelar di halaman Balai Kota Among Tani Kota Batu, Kamis (1/12/2022). 26 kelompok bersaing ketat memberikan cita rasa yang enak dengan kreasi menarik.

26 kelompok terdiri dari 24 desa/kelurahan dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga SMKN 1 Batu. Sesuai dengan namanya Sego Empok, suguhan utama adalah nasi empok.

Di antara nasi empok itu terdapat beragam lauk dan sayuran. Seperti sayur tempe tahu pedas, peyek, mendol, sayur urap-urap, ikan teri, dan sebagainya di atas balutan daun pisang.

Sesuai dengan temanya ‘Penganekaragaman Pangan Lokal Dukung Ketahanan Pangan Nasional’, para peserta diminta untuk memanfaatkan produk pangan lokal sebagai dukungan di saat krisis pangan dunia saat ini.

Aroma makanan khas ini pun mampu mendatangkan pengunjung untuk mampir ke masing-masing stan peserta. Mereka yang datang ke festival tersebut pun bisa mencicipi sego empok cuma-cuma alias gratis. Ribuan sego empok pun ludes dibagikan kepada pengunjung.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Heru Yulianto mengatakan, festival yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota Batu dan HUT PKK Kota Batu ini. Sekaligus untuk mengenalkan makanan lokal yang ada di Kota Batu.

“Festival ini kami selenggarakan setiap tahunnya untuk mempromosikan produk pangan lokal kepada generasi muda dan masyarakat,” ungkap Heru.

Bahkan menu sego empok ini tak pernah ketinggalan untuk menjamu para tamu dari luar kota yang datang ke Pemkot Batu. Karena itu sebagai upaya mengenalkan makanan khas Kota Batu.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Batu, Zadim Efisiensi. menambahkan, festival ini ditujukan untuk melestarikan makanan khas lokal dan memperkenalkannya ke generasi muda.

“Di mana hal ini diharapkan dapat menjadi ciri khas Kota Batu, karena masih erat dengan makanan tradisional berbahan hasil bumi masyarakat Kota Batu,” ujar Zadim.

Terlebih sego empok ini memiliki keseimbangan gizi yang bagus untuk tubuh. Dengan Festival Sego Empok 2022 ini mampu memacu minat masyarakat untuk minat memakan masakan warisan budaya lokal yang bergizi dan bercitarasa.

Sementara itu dalam festival kali ini, dipilih lima sajian sego empok terbaik. Yakni dari Desa Beji, Desa Pandanrejo, Desa Sumberejo, Desa Sumbergondo dan Desa Junrejo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru