Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Mengejutkan, 12 Ribu Anak Indonesia di Bawah Usia 14 Tahun Terkena HIV

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Dec - 2022, 13:10

Ilustrasi gambar sejumlah 12 ribu anak terinfeksi HIV (foto: @ussfeeds)
Ilustrasi gambar sejumlah 12 ribu anak terinfeksi HIV (foto: @ussfeeds)

JATIMTIMES - Kemenkes mengungkapkan ada sejumlah 12.533 anak usia di bawah 14 tahun positif terinfeksi HIV. Data tersebut diambil dalam kurun waktu sekitar 12 tahun, mulai 2010 hingga September 2022. 

Dari jumlah itu, menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes, Imran Pambudi, sekitar 4.764 anak tengah menjalani terapi antiretrovival (ART), per-September 2022. 

Sementara jika dilihat berdasarkan jumlahnya, kasus HIV paling banyak ditemukan pada anak usia 4 tahun dan didominasi oleh anak laki-laki daripada perempuan. 

"Dari jumlah itu, gap-nya (antara yang sudah tertangani dan belum) juga cukup tinggi. Dari 12.553 kasus itu, yang sudah mulai pengobatan baru sekitar 7.800-an," kata Imran, dilansir Republika. 

Imran juga menyebut pada kurun waktu 2010-2020, terjadi penurunan kasus infeksi baru. Meski begitu, HIV harus tetap diwaspadai. Apalagi dengan adanya virus covid-19, program pemerintah untuk meminimalisir HIV juga terhambat. 

Selain Covid 19 dan tingginya HIV anak, pemerintah terus menghadapi tantangan kasus HIV yang jumlahnya banyak di rentang usia 25-49 tahun. Usia ini dinilai usia manusia produktif dan aktif melakukan hubungan seksual. 

Oleh karenanya, Imran menekankan agar orang tua terus berupaya meningkatkan pengetahuan soal HIV. Pasalnya kerap terjadi anak-anak tertular HIV dari orang tuanya. Sehingga orang tua dinilai menjadi kunci utama pencegahan anak terkena virus HIV. 

Upaya yang bisa dilakukan oleh orang tua diantaranya dengan meningkatkan edukasi soal kesehatan reproduksi. Serta menjauhi segala hal buruk yang bisa berdampak pada anaknya. 

"Setiap tahun masih saja ditemukan anak dengan HIV. Ini menunjukkan bahwa upaya pencegahan dan pengendalian HIV masih memerlukan penguatan-penguatan," ujar Imran. 

Pemerintah juga terus melakukan peningkatan edukasi di fasilitas kesehatan terdekat. Misalnya dengan menggelar penyuluhan HIV/AIDS di puskesmas terdekat. 


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri