Malangtimes

BRI Ventures Startup Day, Wujud Nyata Kolaborasi Stasion-BRI dan Kementerian BUMN Dongkrak Ekosistem Startup di Malang

Nov 30, 2022 19:13
Kegiatan BRI Ventures’ Startup Day 2022, dimana banyak dihadiri para start-up (Amin/MalangTIMES)
Kegiatan BRI Ventures’ Startup Day 2022, dimana banyak dihadiri para start-up (Amin/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Perkembangan teknologi yang semakin pesat melahirkan tren-tren baru di ranah digital selama beberapa tahun terakhir. Kemunculan pandemi Covid-19 di Indonesia pada awal tahun 2020, nyatanya semakin memicu tuntutan di berbagai bidang untuk mampu menyesuaikan diri ke arah digital. Pelaku-pelaku ekonomi di berbagai bidang pun berlomba-lomba mencari terobosan baru agar dapat tetap bersaing dan diterima baik oleh masyarakat. 

Banyak pelaku-pelaku usaha di bidang digital maupun teknologi yang hadir dengan ide-ide baru, menjadikan ekonomi digital sebagai tonggak baru perekonomian di Indonesia. Beragam potensi yang bisa dikembangkan di dunia Startup Digital, mulai dari Agriculture, UMKM, Finance Technology, Healthcare, Smart city, dan lain lain. 

Pelaku usaha digital kreatif tentunya tidak mampu berdiri sendiri, perlu adanya dukungan Hexa Helix yang kuat dari akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, media dan perbankan dalam mendorong penguatan dan optimalisasi ekosistem digital. 

Salah satu yang diharapkan bisa ikut serta dalam ekosistem adalah peran dari BUMN. Selain itu, pentingnya investor bagi keberlangsungan hidup Startup menyebabkan peranan Ventures Capital dan sumber permodalan lainnya menjadi sangat diharapkan.

2

Menteri BUMN Erik Thoir menyampaikan dalam sambutannya secara daring, bahwa besarnya pertumbuhan ekonomi digital Indonesia mencapai 4500 T di 2030. Hal itu tentunya sudah tidak lama lagi. Hal ini juga dibarengi pertumbuhan demografi 54 persen usia muda, kelas menengah yang tumbuh pesat di 2030. Hal ini ditegaskan Erick Thohir merupakan potensi pasar yang luar biasa. 

"Jangan sampai kita menjadi penonton di negeri sendiri. Pertemuan dengan Startup Singo Edan (Stasion) di Malang awal Januari lalu menjadi inisiasi dari Startup Day yang akan menjadi agenda rutin dari Kementerian BUMN dalam rangka bisa memfasilitasi startup di seluruh Indonesia, seperti halnya di Jawa Timur dan Malang pada khususnya," ungkapnya.

Lanjut Erick Thohir, dengan begitu ke depan dapat membentuk super team startup yang siap berjaya di negeri sendiri, bahkan mampu bersaing dan ekspansi keluar. Pihaknya berharap, dengan program Startup Day seperti yang dilakukan oleh BRI Ventures bersama Stasion di Malang ini, mendapatkan output yang positif dan mampu menjadi pintu gerbang kesuksesan start up dalam negeri.

"Harapannya ini mampu memunculkan super team-super team startup, yang mampu digdaya di negeri sendiri," tuturnya.

4

M Ziaelfikar Albaba, Ketua Startup Singo Edan (Stasion), menyampaikan, Program BRI Ventures’ Startup Day adalah salah satu follow up dari Kunjungan  Menteri BUMN di Malang pada Januari 2022. Melihat potensi yang besar dari para Startup Digital di Malang Raya, melalui program ini diharapkan Startup Malang Raya bisa disinergikan dengan Ventures Capital dari BUMN, yang dalam program ini melibatkan BRI Ventures.

"Harapannya dari sini juga ada start-up lagi yang lolos mendapatkan pendanaan dari BUMN," ujarnya.

3

Ibrahim Adi, Corporate Strategi BRI Ventures menjelaskan bahwa BRI Ventures sendiri merupakan entitas anak usaha BRI yang bergerak di bidang modal ventura. Tak hanya berperan membantu permodalan perusahaan rintisan, BRI Venturs juga memberikan pendampingan dan akses kepada mereka agar mendapat investasi lanjutan.

"Investasi ke start-up, penyertaan modal. BRI Venturs tak hanya memfokuskan untung, tapi kami juga berupaya mengakselerasi pertumbuhan bisnis ekosistem start-up di Indonesia, salah satunya melalui kegiatan ini," paparnya.

Sementara itu, BRI Ventures’ Startup Day 2022 adalah event workshop yang diadakan 6 bulan sekali yang bertujuan memberikan insight dan wawasan mengenai dunia startup dan venture capital kepada komunitas startup lokal. Pada kali ini, event BRI Ventures’ Startup Day 2022 menjadi agenda silaturahmi, sharing, dan diskusi antara BRI Ventures dengan para member STASION Malang (Pelaku Startup Digital Malang) yang diselenggarakan secara offline dengan jumlah peserta yang terbatas.

BRI Ventures’ Startup Day 2022 ditujukan untuk memberikan edukasi mengenai dunia startup dan venture capital. Selain itu, BRI Ventures’ Startup Day 2022 juga untuk memajukan perekonomian Indonesia melalui pembimbingan dan workshop kepada startup lokal yang membutuhkan.

1

Dalam BRI Ventures Startup Day 2022 yang dihelat di Laluna Cafe Malang, Rabu (30/11/2022), hadir sebagai narasumber utama, yakni CEO dan Founder Majoo, Adi Wahyu, Invesment & Sinergy Manager BRI Ventures Bima Setiaji, serta Business Development Associate BRI Ventures Safira Nuranisa.

Selain dialog dan diskusi interaktif, dalam BRI Ventures Startup Day 2022 di Malang kali ini, juga digelar speed dating, sebuah bentuk pitching (penawaran investasi) cepat, yang diikuti 20 peserta dari Malang dan Jawa Timur pada umumnya kepada BRI Ventures. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru