Malangtimes

Membanggakan, Tim MAN 2 Kota Malang Juara 1 Mobile Robotic MRC 2022

Nov 30, 2022 17:46
Tim Robotik MAN 2 Kota Malang Juara I Mobile Robotic MRC 2022 ada (Ist)
Tim Robotik MAN 2 Kota Malang Juara I Mobile Robotic MRC 2022 ada (Ist)

JATIMTIMES - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang terus mengukir prestasi di kancah nasional. Tak hanya dalam bidang akademik saja, namun dalam bidang robotik. 

Baru-baru ini, MAN 2 Kota Malang meraih juara I pada Madrasah Robotic Competition (MRC) 2022 yang dilaksanakan di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 22 – 23 November 2022.

Kepala MAN 2 Kota Malang, M Husnan, membenarkan raihan prestasi siswa MAN 2 Kota Malang ini. MAN 2 Kota Malang bergabung dalam Tim A dan menjadi yang terbaik dal kategori Mobile Robot. 

"Alhamdulillah, satu lagi prestasi MAN 2 Kota Malang. Hari ini meraih juara I kategori Mobile Robot pada Kompetisi Robotik Madrasah tahun 2022," jelasnya. 

Dalam ajang tersebut, diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah. Tepatnya, ada 180 tim robotik untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah. Mereka mengikuti dua kategori yang dilombakan, yaitu, Robot Inovasi dan Mobile Robot. 

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa para siswa yang mengikuti robotik, dilatih oleh pelatih yang sebelumnya juga menjadi juara pada berbagai kompetisi yang ada. Sehingga, pelatihan yang diberikan benar-benar efektif dan membuahkan hasil manis. 

"Juara menghasilkan juara, karena pelatih tim Mobile Robot adalah mantan juara tahun lalu," ujar Husnan.

Terlepas dari peran pelatih, peran orang tua juga tak kalah penting. Menurut Husnan, dukungan yang diberikan para orang tua, baik moril maupun materiil sangatlah besar. Dalam hal ini, madrasah hanya memberikan fasilitas terlaksananya kegiatan, mulai dari persiapan hingga perlombaan.

"Kunci keberhasilan yang tidak kalah pentingnya, adalah minat atau passion. Anak-anak peserta lomba memang punya passion yang sangat baik dalam bidang Robotik sehingga memiliki mental pantang menyerah," paparnya.

Sementara itu, Wakil Kepala MAN 2 Kota Malang, bidang Kehumasan Ahmad Thohir Yoga menambahkan, bahwa dalam dua tahun berturut-turut, MAN 2 Kota Malang terus meraih prestasi. Capaian prestasi kali ini juga mengulang pencapaian pada 2021.

"MAN 2 Kota Malang berhasil mempertahankan prestasinya sebagai juara 1. Pencapaian juara dalam dua tahun berturut-turut tentu sangat layak disyukuri. Alhamdulillah tahun ini dapat bonus tambahan satu tim lagi yang meraih juara harapan 1," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru