Malangtimes

Jelang Pernikahan, Kaesang-Erina Ziarah ke Makam Raja Pura Mangkunegaran 

Nov 30, 2022 16:03
Nampak Kaesang dan Erina keluar dari makam raja Pura Mangkunegaran (foto: @rumpi.gosip)
Nampak Kaesang dan Erina keluar dari makam raja Pura Mangkunegaran (foto: @rumpi.gosip)

JATIMTIMES - Jelang pernikahan putra bungsu Presiden RI Jokowi, Kaesang Pangarep dan calon istrinya Erina S Gudono berziarah ke makam raja-raja Pura Mangkunegaran, di Karanganyar dan Solo. 

Nampak Kaesang bersama Erina mengenakan pakaian beskap berwarna hitam saat berziarah. Ziarah itu dilakukan sebagai salah satu adat 'kulo nuwun' sebelum menggelar tasyakuran pernikahan di Pura Mangkunegaran. 

Prosesi ziarah dilakukan cukup singkat namun khidmat. Menurut juru kunci Hadi Suyamto, saat ziarah, putra bungsu Presiden Jokowi dan calon istrinya berdoa dan tabur bunga.

“Sekitar 10 menit (berziarah) di masing-masing makam raja,” ujarnya, seperti dilansir tribunsolo. 

Untuk diketahui, pernikahan Kaesang-Erina bakal digelar di Jogjakarta, pada Sabtu (10/12). Kemudian dilanjutkan pada Minggu (11/12) menggelar prosesi ngunduh mantu di Kota Solo.

Rangkaian prosesi ngunduh mantu sendiri dilakukan sesuai adat istiadat pernikahan Jawa. Setelah semuanya rampung, Kaesang-Erina akan mengikuti kirab dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran menggubakan sekitar 10 kereta kuda.

Di sepanjang rute kirab akan dilengkapi dengan panggung hiburan rakyat yang melibatkan banyak seniman dan musisi lokal di Kota Bengawan.

Untuk tasyakuran di Pura Mangkunegaran akan dibagi dalam dua sesi. Sebab, banyak tamu undangan baik dari kalangan pejabat maupun profesional bakal hadir. Cara itu mengantisipasi membeludaknya tamu undangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru