Malangtimes

Pertahankan Seni Terbang Jidor di Kota Batu, Mantan Kepala Dinas Pendidikan Unjuk Gigi

Nov 30, 2022 15:31
Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin saat mengikuti Festival Terbang Jidor 2022 di Pendapa Rumah Dinas Wali Kota Batu, Rabu (30/11/2022).
Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin saat mengikuti Festival Terbang Jidor 2022 di Pendapa Rumah Dinas Wali Kota Batu, Rabu (30/11/2022).

JATIMTIMES - Ada yang cukup menarik dalam perayaan HUT ke-21 Kota Batu, Pemkot Batu menggelar Festival Terbang Jidor 2022 di Pendapa Rumah Dinas Wali Kota Batu, Rabu (30/11/2022). 

Festival ini digelar sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan kesenian terbang jidor di Kota Batu.

Terbang jidor yang diikuti oleh 20 peserta dari 20 desa/kelurahan di Kota Batu. Dimana masing-masing peserta diberi waktu 15 menit untuk menampilkan satu lagu.

Setiap grup terbang jidor mengiringi lantunan salawat yang dinyanyikan oleh vokalis. Mereka tampil secara bergiliran dan menampilkan sejumlah kreasi sembari tentu saja melantunkan salawat.

Terlihat juga mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin ikut serta dalam Festival Terbang Jidor 2022. Tak mau kalah, Mistin menampilkan suara terbaiknya dihadapan para dewan juri juga Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yang membuka acara tersebut.

Dewanti pun memberikan apresiasi dengan digelarnya event tersebut. Sebab dengan begitu sebagai upaya melestarikan salah satu kesenian di Kota Batu.

“Saya memberikan apresiasi dengan diadakannya festival ini. Hadiah itu merupakan suatu hal yang memberi semangat, tetapi yang terpenting adalah semangat dan kebersamaannya,” ucap Dewanti.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Batu, Abdul Rais Abin. menambahkan, Fetival Terbang Jidor ini digelar untuk mempertahankan kesenian terbang jidor sebagai aset kesenian di Kota Batu. Sekaligus mengenalkan kepada generasi muda, agar nantinya mau melestarikan kesenian ini.

“Dengan festival ini, kami ingin melestarikan dan mengenalkan kesenian terbang jidor kepada masyarakat luas, terutama generasi muda,” ujar Rais.

Ke depan diharapkan lewat kegiatan ini bisa memunculkan bibit-bibit baru pemain terbang jidor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru