Malangtimes
Kota Malang Rayakan Hari Santri 2022

Malang Bersholawat, Wali Kota Sutiaji: Saya Yakin Hari Ini dan Seterusnya Malang dalam Keberkahan

Nov 29, 2022 22:47
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan sambutan dalam acara Malang Bersholawat di Stadion Gajayana, Selasa (29/11/2022) malam. (Foto: Dok. JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan sambutan dalam acara Malang Bersholawat di Stadion Gajayana, Selasa (29/11/2022) malam. (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES - Acara Malang Bersholawat untuk memperingati Hari Santri Nasional dan Hari Pahlawan tahun 2022 di Stadion Gajayana  dihadiri ribuan jamaah dari seluruh penjuru Indonesia.

Sejumlah habib, kiai, dan ulama turut hadir dalam acara Malang Bersholawat. Mulai dari Habib Achmad Jamal bin Toha Baagil, Habib Ali Zainal Abidin bin Segaf Assegaf dari Pekalongan, Habib Ali Zainal Abidin bin Abubakar Al-Hamid dari Malaysia, dan Habib Jindan bin Novel bin Jindan dari Jakarta.

Selain itu, hadir Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang KH Isroqunnajah, Rais Syuriah PCNU Kota Malang KH Chamzawi, serta Direktur JatimTIMES.com Lazuardi Firdaus.

Dalam sambutannya, Wali Kota Malang Sutiaji mengucapkan terima kasih atas kehadiran para habib, kiai dan ulama dalam acara Malang Bersholawat. Sutiaji pun memohon doa agar Kota Malang selalu dalam lindungan Allah SWT.

"Baru kali ini Malang didatangi para habaib (cucu) Yang Mulia Rasulullah. Saya penuh keyakinan bahwa hari ini dan seterusnya Malang dalam keberkahan dan kedamaian," ucap Sutiaji disambut teriakan amiin dari ribuan jamaah yang hadir.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang itu pun mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran ribuan jamaah yang hadir dari seluruh penjuru wilayah di Indonesia karena turut bersalawat dan berdoa bersama di Stadion Gajayana.

"Terima kasih doanya, lantunan salawatnya, serta kehadiran para habaib dan para ulama dan para jamaah sekalian menjadi suatu kehormatan yang sangat berharga bagi kami," ujar Sutiaji.

Alumnus Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini juga menyampaikan, selaku perwakilan warga Kota Malang, dirinya berdoa semoga seluruh orang yang hadir selalu dalam lindungan dan keberkahan Allah SWT.

"Mewakili arek-arek Malang, mewakili Kota Malang yang kami cintai, buminya salawat, mudah-mudahan Allah memberikan keberkahan bagi kita semua," ungkap Sutiaji.

Sutiaji, yang juga merupakan seorang santri, mengemas peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 di Kota Malang  dengan rangkaian acara yang telah digelar sejak  18 Oktober 2022 lalu.

Pada agenda pertama, digelar sarasehan sekaligus seminar terkait strategi pengembangan pondok pesantren menjadi mandiri dan bermutu menghadapi era society 5.0 di hadapan 80 perwakilan pengasuh pondok pesantren di Kota Malang. Pemateri acara ini adalah pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Prof KH Muhammad Bisri.

Lalu, pada Senin (24/10/2022) digelar Upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 di halaman Balai Kota Malang. Pada momentum upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, Pemkot Malang juga menggelar pameran usaha mikro kecil menengah (UMKM) bertajuk "Halal Tourism Bazaar Moslem Friendly".

Selain itu,  Sutiaji berkesempatan memberikan apresiasi kepada 100 guru ngaji di Kota Malang sebagai bentuk kepedulian atas perannya dalam mencetak santri-santri unggul untuk bangsa Indonesia.

Berikutnya pada tanggal 25 sampai 27 Oktober 2022,  digelar pelatihan konselor keluarga yang diikuti oleh 62 peserta dari unsur takmir masjid, penyuluh agama Islam fungsional Kementerian Agama Kota Malang, penyuluh agama Islam non-PNS Kementerian Agama RI Kota Malang, perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) Aisyiyah, Muslimat dan perwakilan dari kelurahan se-Kota Malang. Dihadirkan pemateri berkompeten dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yakni  Prof Dr Mufidah Cholil MAg.

Selanjutnya, Sutiaji melakukan rangkaian silaturrahmi pondok pesantren di lima kecamatan yang ada di Kota Malang. Pertama diawali dengan silaturahmi ke Ponpes Darutta'lim Wadda'wah yang berada di Kecamatan Kedungkandang. Kemudian Ponpes Darun Nun di Kecamatan Sukun dan Ponpes Islahiyah di Kecamatan Klojen. Selanjutnya di Ponpes Nailul Falaah di Kecamatan Blimbing.

Kemudian, masihn ada dua pondok pesantren, yakni Ponpes Al-Munawarroh Kecamatan Kedungkandang dan Ponpes Darul Hikmah Al-Hasani Kecamatan Lowokwaru yang akan dilakukan silaturrahmi pada awal Desember 2022 mendatang.

Lalu,  di puncak peringatan Hari Santri Nasional dan Hari Pahlawan tahun 2022, Pemkot Malang menggelar acara Malang Bersholawat dengan menggandeng PCNU Kota Malang, Majelis Sholawat Ar-Ridwan, Kementerian Agama Kota Malang dan JatimTIMES.com di Stadion Gajayana yang dihadiri ribuan jamaah dari seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru