Malangtimes

Lewat Aplikasi DPUPRPKP 'Sibama', Masyarakat Kota Malang Dapat Pantau Profil Drainase

Nov 29, 2022 18:05
Capture gambar aplikasi Sibama (Ist)
Capture gambar aplikasi Sibama (Ist)

JATIMTIMES - Masyarakat Kota Malang dapat memantau dan mengetahui profil drainase di Kota Malang. Melalui aplikasi Sibama, (Sistem Informasi Banyu Malang), masyarakat dapat dengan mudah mengetahui informasi detail profil drainase secara lengkap. 

Profil drainase yang ditampilkan ini tersebar di lima kecamatan di Kota Malang. Yaitu, Kecamatan Blimbing, Lowokwaru, Klojen, Sukun, dan Kedungkandang. Sehingga, pengguna bisa mendapatkan informasi terkait saluran drainase sesuai wilayah kecamatannya.

3

Dalam aplikasi Sibama ini, masyarakat dapat melihat kondisi terkini drainase atau genangan di Kota Malang secara real-time, melalui aplikasi Sibama. Aplikasi ini terkoneksi langsung dengan CCTV yang ada di Kota Malang. 

Dalam aplikasi juga tergambar jelas posisi atau peta saluran drainase. Bahkan, para pengguna juga dapat mengetahui kondisi drainase yang tersebar di lima kecamatan di Kota Malang.

Dalam aplikasi juga dapat diketahui informasi detail dari drainase, mulai dari panjang drainase, tipe drainase, kondisi fisik, arah air, posisi drainase, foto kondisi drainase hingga kapan pemeliharaan terakhir.

1

Tak hanya itu, Sibama juga memberikan informasi curah hujan, titik genangan pada titik drainase tertentu dan saluran drainase yang masuk kategori melimpah dan tidak melimpah. 

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, R Dandung Djulharjanto, menyampaikan, jika beberapa proyek drainase dilaksanakan DPUPRPKP di antaranya adalah di kawasan Jalan Jupri, Bandulan, Kawasan Dieng dan Kawasan Tasikmadu.

Saluran-saluran drainase yang tengah dalam perbaikan ini tentunya juga terinformasi dalam aplikasi Sibama. Sehingga, masyarakat pun juga dapat melakukan pemantauan atau monitoring kondisi terkini.

2

"Ini menjadi komitmen pemerintah untuk menanggulangi permasalahan genangan maupun banjir. Sehingga setelah perbaikan ini, Kota Malang menjadi harapan semua pihak bisa bebas dari banjir," paparnya.

Sementara itu, aplikasi Sibama ini, juga terkoneksi dengan  Sambat Online Kota Malang. Untuk itu, masyarakat pun dapat menyampaikan keluhan maupun informasi kondisi drainase di wilayahnya. Tentu hal ini menjadi partisipasi masyarakat dalam merawat memonitor drainase di lingkungan sekitar berfungsi dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru