Malangtimes

Pahami Tentang Diabetes, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSI Unisma

Nov 29, 2022 14:49
Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSI Unisma, dr Zoraida Dwi Wahyuni Sp PD (Ist)
Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSI Unisma, dr Zoraida Dwi Wahyuni Sp PD (Ist)

JATIMTIMES - Diabetes menjadi penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini menjadi penyakit yang tak sedikit menimbulkan kematian. Meski begitu, masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang apa sebenarnya diabetes itu. 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSI Unisma dr Zoraida Dwi Wahyuni Sp PD menjelaskan, jika diabetes merupakan kondisi di mana kadar gula dalam darah tinggi. Kondisi ini dapat ditandai dengan beberapa gejala, dan bahkan tanpa gejala. 

"Gejalanya seperti sering kencing, sering haus, penurunan berat badan, sering kesemutan pada daerah tangan atau kaki dan juga mata kabur," jelasnya.

Namun, dijelaskannya, jika tak semua gejala tersebut muncul dan terkadang hanya beberapa gejala saja yang muncul. Penyebabnya sendiri, disebabkan karena pola makan yang tak memiliki nutrisi seimbang dan malah cenderung banyak konsumsi makanan yang mengandung gula. Mengkonsumsi makanan yang disertai dengan pemanis buatan juga menjadi salah satu pemicu, termasuk juga cemilan yang tidak sehat.

1

Selain itu, juga dibarengi dengan aktivitas yang tak seimbang. Yakni aktivitas lebih banyak duduk dan kurang bergerak.

"Pada pasien diabetes sebaiknya mengurangi makanan dan minuman yang mengandung gula sederhana, seperti contohnya seperti permen, eskrim, coklat, minuman susu coklat, minuman bersoda. Kemudian makanan lemak tak jenuh, sosial, kornet, hotdog dan juga kurangi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti olahan tepung-tepungan," terangnya.

Pada penderita diabetes, ketika telah mereda, bukanlah berarti sembuh total. Tetapi lebih kontrol.  Kontrol dilakukan dengan diet, makanan teratur, minum obat-obatan dan olahraga rutin. 

"Jika mengalami gejala tersebut, ayo segera periksa dan berobat, jangan ditunda," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru