Malangtimes

Tim PKRS Unisma Edukasi Warga Perihal Miom dan Kista

Nov 29, 2022 13:18
Tim PKRS RSI Unisma edukasi warga terkait Miomi Kista (RSI Unisma)
Tim PKRS RSI Unisma edukasi warga terkait Miomi Kista (RSI Unisma)

JATIMTIMES - Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang turut peduli terhadap kesehatan masyarakat sekitar. Hal ini dilakukan dengan memberikan edukasi kesehatan, seperti halnya yang dilakukan di RT 7 RW 5, Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, beberapa waktu lalu.

Kegiatan edukasi bertajuk Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan rumah sakit RSI Unisma kepada lingkungan masyarakat sekitar.
Di situ, dokter RSI Unisma memberikan paparan materi terkait perbedaan miom dan kista kepada para ibu PKK. 

Dokter Umum RSI Unisma dr Ratih Oktavia didampingi Dian Rahmawati, S.E dalam paparannya menjelaskan, bahwa banyak sebagian orang yang belum mengetahui terkait Miom dan kista. Bahkan, ada juga yang menganggap hal tersebut merupakan penyakit yang sama. 

"Padahal, miom dan kista memiliki penyebab dan cara penanganan yang berbeda," jelasnya.

Lebih lanjut, bahwa pertumbuhan miom sering kali tidak terdeteksi. Sebab, miom memang tidak menimbulkan gejala, terlebih jika ukurannya masih kecil atau jumlahnya sedikit. Miom dan kista ovarium biasanya terdeteksi secara tidak sengaja, misalnya saat seorang wanita sedang menjalani pemeriksaan USG rahim.

Timbulnya miom, pada kasus tertentu dapat ditandai dengan adanya perdarahan dari vagina, perut kram, nyeri panggul saat menstruasi, serta sering buang air kecil.
Begitupun Kista Ovarium. Dalam beberapa kasus gejalanya juga tidak terdeteksi. Gejala muncul saat kita mulai membesar dan berdampak pada organ dan jaringan sekitarnya. 

Selain itu, gejala Kista Ovarium juga ditandai dengan mengalami mual, muntah, perut kembung dan nyeri saat berhubungan seksual. Bukan hanya itu, termasuk sakit punggung belakang dan sakit pada bagian paha dan juga bisa mengalami nyeri pada payudara. 

"Jika kondisinya semakin parah, terkadang dapat disertai dengan demam, tubuh terasa lemas, dan nyeri panggul yang sangat mengganggu," jelasnya.

Pemahaman terhadap penyakit ini haruslah dipahami. Sebab, hal ini penting untuk menghindari fatalitas karena adanya keterlambatan penanganan. Untuk itulah pemahaman terkait Miom dan Kista ini harus benar-benar dipahami.

"Harapannya, masyarakat khususnya warga sekitar rumah sakit lebih mengerti apa itu miom dan kista beserta penanganan dini untuk mencegah keterlambatan penanganan," terangnya.

Pihaknya juga mengimbau, ketika masyarakat sudah mengalami beberapa gejala seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, agar segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru