Malangtimes

Tim PPK Ormawa BEM UMM Sukses Tingkatkan UMKM Desa Giripurno

Nov 29, 2022 09:47

Malang, 26/11/2022 - Tim Progam Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang sukses tingkatkan UMKM desa Giripurno kec. Bumiaji Kota Batu. Kegiatan yang mengusung tema “Pembangunan UMKM Desa Berbasis Potensi Alam Lokal dan Diferensi Marketing Guna Meningkatkan Masyarakat”  ini sudah dilaksanakan  sejak (16/09) hingga (26/11). PPK ORMAWA ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian RI yang bertujuan untuk penguatan kapasitas ORMAWA melalui serangkaian proses pembinaan ormawa yang diimplementasikan dalam progam pengabdian dan pemberdayaan masyarakat serta pengembangan UMKM desa berbasis sumber daya alam lokal yang melibatkan pengelolaan UMKM, Kelompok Warga Tani dan warga desa Giripurno.

Kegiatan yang telah dilaksakan selama kurang lebih 3 bulan ini sukses menginovasikan Produk UMKM baru berupa penginovasian Produk Ecoenzym yaitu sabun cuci piring berbahan dasar limbah organik dan mengembangkan produk Jamu Gendong Sumbersari.

Kegiatan penutupan PPK ORMAWA dilaksanakan pada (26/11) di Dapur Manahayu Desa Giripurno Kec. Bumiaji Kota Batu dihadiri oleh Kepala Biro Kemahasiswaan UMM Bpk. Yudi Suharsono, S.Psi., Sekertaris Desa Giripurno Munir Andriono, S.H, Presiden Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang M. Akbar Sirajuddin Al Rifqi. Dalam sambutanya Bpk. Yudi Suharsono, S.Psi. menyampaikan “Hal yang ter penting dengen terlaksananya  kegiatan ini masyarakat serta mahasiswa bisa saling belajar satu sama lain. Harapannya dengan Adanya kegiatan ini bisa membantu memajukan desa Giripurno terutama pada Dusun Sumbersari,” tutur beliau.

“Hal yang tidak kalah penting adalah ucapan terima kasih kepada Kemendikbud yang telah Membuka program kampus merdeka Dan kegiatan PPK ormawa sehingga para mahasiswa bisa membantu membangun masyarakat mulai dari lapisan dasar yaitu pedesaan. Tentu ini adalah hal yang tidak mudah, namun pada hari ini, hari Sabtu 26 November 2022,  para mahasiswa panitia PPK Ormawa telah sukses menyelesaikan seluruh rangkaian program yang telah disusun,” imbuhnya.

Bapak Munir Andriono, S.H selaku Sekertaris Desa Giripurno menyampaikan pesan dari bapak Kepala Desa yang berhalangan hadir “Ucapan terimakasih sebesar besar nya kepasa BEM UMM yang telah mengadakan pemberdayaan  di Desa Giripurno, sehingga desa kami memiliki banyak kegiatan dan manfaat yang kami peroleh. Insyaallah apa yang telah diberikan oleh mahasiswa akan terus kami jalankan,” ungkap beliau dalam sambutanya.

Acara penututupan PPK ORMAWA ini dilanjutkan dengan pemberian kenang kenangan dari Panitia ke pihak desa serta pemberian ucapan terimakasih dari Ibu Ibu KWT kepada para panitia pelaksana. Dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai simbolis peresmian produk UMKM, Serta Pemaparan hasil kinerja BEM UMM selama 3 bulan di desa Giripurno.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada adik adik PPK ormawa yang telah melaksanakan kegiatan di desa kami. Tentu dengan adanya bantuan dari ada adik sekalian akhirnya kami bisa memproduksi sabun dan sekarang alhamdulillah sudah mulai dijual. Harapannya ke depannya nanti proses pembuatan NIB berjalan dengan lancar dan semoga produk ini bisa sukses ke depannya,” ucap Ibu Atik, Ketua KWT Puspa Kencana.

“Semoga dengan diadakannya acara ini, kami harap dapat membantu warga desa Giripurno dalam menjalankan dan membangun usahanya lebih luas serta dapat lebih berkembang lagi. Tentunya hal ini untuk membangun kemakmuran warga desa giripurno yang lebih maju mengikuti perkembangan zaman,” tutur Annida Fadhillah selaku Koordinator Lapangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru