Malangtimes

TV China Sensor Tayangan Penonton Piala Dunia 2022 yang Tak Bermasker 

Nov 28, 2022 19:18
Tampak dalam tayangan TV China penonton yang tak memakai masker disensor (diblur) (foto: Twitter)
Tampak dalam tayangan TV China penonton yang tak memakai masker disensor (diblur) (foto: Twitter)

JATIMTIMES - Demonstrasi warga yang menolak lockdown semakin meluas ke berbagai penjuru wilayah China. Karena itu, stasiun televisi pemerintah, CCTV Sports melakukan proses sensor bagi penonton Piala Dunia 2022 yang tak memakai masker. 

Seperti contoh, CCTV Sport melakukan sensor itu ketika laga antara Jepang dan Costa Rica kemarin, Minggu (27/11/2022). 

Dalam tayangannya, TV pemerintah itu menghilangkan rekaman yang menunjukkan para penonton dari jarak dekat. Kemudian diganti dengan gerak-gerik pemain dan offisial di Stadion Qatar. 

Sensor yang dilakukan pemerintah China justru semakin membuat warga geram. Bahkan beberapa waktu lalu, warganet China meramaikan ungkapan "apakah China berada di planet yang sama dengan Qatar". 

Amarah warga China juga semakin membara karena dilaporkan 10 orang tewas dalam kebakaran di Urumqi, Xinjiang. 

Melansir CNN, warga China menilai korban itu tewas lantaran aturan lockdowm covid yang membuat petugas pemadam kebakaran terlambat menyelamatkan korban. 

Hingga saat ini, demo di China pun semakin merebak di berbagai penjuru. Bahkan terjadi di kota besar seperti Beijing dan Shanghai. Selain lockdown demo ini bahkan meminta Presiden China Xi Jinping lengser. 

Untuk diketahui, Pemerintah China berpegang pada kebijakan nol-Covid-nya di saat sebagian besar negara di dunua mencoba hidup berdampingan dengan virus corona. Hingga kini kasus China telah mencapai rekor tertinggi selama berhari-hari, dengan 40 ribu kasus per- Minggu (27/11/2022). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru