Malangtimes

Kemenag RI Beri Apresiasi, Pemkot Batu Gelontorkan Rp 307 Juta untuk 41 Guru PAI Ikuti Program PPG di UIN Maliki Malang

Nov 28, 2022 14:12
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menandatangani MoU dengan Kemenag RI Ruang Rapat Utama, Balai Kota Batu Among Tani Kota Batu, Senin (28/11/2022).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menandatangani MoU dengan Kemenag RI Ruang Rapat Utama, Balai Kota Batu Among Tani Kota Batu, Senin (28/11/2022).

JATIMTIMES - Untuk meningkatkan kualitas guru di Kota Batu, Kementerian Agama Republik Indonesia dan Pemkot Batu menandatangani MoU tentang Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Bagi Guru Pendidikan Agama Islam di Kota Batu tahun 2023, di Ruang Rapat Utama, Balai Kota Batu Among Tani Kota Batu, Senin (28/11/2022).

Tak tanggung-tanggung pada tahun 2023 medatang ada 41 guru PAI yang akan akan mengikuti program PPG di UIN Maliki Malang. Setiap guru mendapatkan anggaran Rp 7,5 juta, seluruhnya Rp 307.500.000.

“Untuk tahun 2023, kita memberangkatkan 41 Guru SD/SMP dengan anggaran 7.500.000 per orang,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih.

Jumlah guru tersebut meningkat dibandingkan pada tahun 2020 lalu. Pada tahun tersebut Pemkot Batu memberangkatkan 24 guru PAI mengikuti program PPG di UIN Malang. Bersyukurnya seluruhan peserta berhasil lulus.

Untuk 41 peserta PPG PAI ini sudah terverifikasi dan dipilih oleh Kemenag RI. Dinas Pendidikan Kota Batu memproses dan memberangkatkan peserta PPG PAI yang sudah terpilih.

Menurut Eny kerjasama dalam bentuk program pendidikan profesi guru ini adalah dalam rangka membangun sinergitas untuk meningkatkan kualitas pendidik di Kota Batu.

Bagi Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko,  guru merupakan profesi paling dasar dalam membekali generasi muda, khususnya bidang agama. Untuk itu, guru perlu diberikan fasilitas agar dapat memberikan pendidikan dan contoh terbaik dalam keseharian.

“Menurut pepatah Korea, melihat satu kali contoh akan lebih penting daripada menyampaikan 100 kali," ujar Dewanti.

Dewanti menekankan bahwa apa yg diajarkan harus selaras dengan perilaku yang perlihatkan guru ke anak didik. Dengan PPG PAI, Dewanti berharap, guru PAI dapat memberikan contoh Islam yang terbaik di dalam kesehariannya.

“Mudah-mudahan, PPG PAI tidak hanya bermanfaat bagi guru. Namun juga bagi anak didik serta masyarakat,” harap Dewanti.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI, Amarullah, sangat mengapresiasi kerjasama dari Pemkot Batu terkait peningkatan kualitas guru ini. “Kota Batu sebagai kota pertama dengan peserta PPG PAI yang lulus seluruh pesertanya,” terang Amarullah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru