Malangtimes

Kalah dari Maroko di Piala Dunia 2022, Brussel Diserang Perusuh

Nov 28, 2022 14:08
Suasana jalanan Kota Brussel usai terjadi kerusuhan (foto:AP News)
Suasana jalanan Kota Brussel usai terjadi kerusuhan (foto:AP News)

JATIMTIMES - Baru-baru ini di media sosial TikTok beredar video kerusuhan yang berada di Ibu Kota Belgia, Brussel. Diduga kerusuhan itu terjadi lantaran pada Minggu (27/11/2022) malam, Belgia kalah melawan Maroko dengan skor 0-2 saat laga Piala Dunia 2022. 

Dalam unggahan TikTok @reda_bruxelles itu nampak banyak kerumunan orang di tengah kota itu. Banyak asap di jalanan diduga dari barang yang dibakar oleh perusuh. Terlihat juga mobil polisi yang tengah mengamankan aksi tersebut. 

Berdasarkan laporan AP News, bentrokan antara kepolisian dengan warga sipil terjadi bahkan sebelum laga Belgia dan Maroko berakhir. 

Juru bicara kepolisian Brussel Ilse Van de Keere menyebutkan puluhan perusuh menjungkirbalikkan dan membakar mobil, membakar skuter listrik dan melempari mobil dengan batu bata. Polisi bergerak setelah satu orang menderita luka di wajah. 

Polisi juga menahan sekitar 12 orang setelah mereka mengerahkan water canon dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan di Brussel dan delapan kerumunan lainnya di kota Antwerp. Dua petugas polisi juga dilaporkan terluka di pelabuhan Belanda, Rotterdam. 

Wali Kota Brussel Philippe Close mendesak warga agar menjauh dari pusat kota. Pihaknya juga mengatakan aparat kepolisian tengah melakukan yang terbaik untuk menjaga ketertiban di jalan-jalan.  

“Mereka bukan penggemar, mereka perusuh. (Itu adalah) penggemar Maroko yang ada di sana untuk merayakannya,” kata Close.  

Menteri Dalam Negeri Annelies Verlinden mengaku sedih melihat bagaimana beberapa orang menyalahkan situasi dengan mengamuk. 

Sementara polisi di Belanda menyebutkan, suasana perusuh semakin memanas di pelabuhan Rotterdam. Apalagi setelah petugas berusaha membubarkan sejumlah 500 pendukung sepak bola yang melempari polisi dengan kembang api dan kaca. Juga dilaporkan kerusuhan terjadi di Amsterdam dan Den Haag.

Diketahui, kemenangan Maroko atas Belgia merupakan kejutan besar di Piala Dunia. Kemenangan itu dirayakan oleh para penggemar imigran Maroko di beberapa kota Belgia dan Belanda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru