Malangtimes

Unduh Mantu, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Tak Pakai Adat Puro Mangkunegaran

Nov 27, 2022 17:40
Kaesang dan Erina foto latar biru.(foto dari @kaesangp)
Kaesang dan Erina foto latar biru.(foto dari @kaesangp)

JATIMTIMES - Kaesang Pangarep putra bungsu Presiden Joko Widodo tidak menggunakan adat Puro Mangkunegaran saat unduh mantu bersama Erina Gudono. Hal itu ditegaskan oleh Kakak Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo, setelah adanya gladi kotor pernikahan, Minggu (27/11/2022).

Gusti Sura menjelaskan Pendopo Puro Mangkunegaran hanya digunakan untuk menjamu para tamu dengan konsep seperti gala dinner. "Yang jelas di Pura Mangkunegaran tidak ada prosesi adat, tapi di Loji Gandrung, seperti yang disampaikan oleh Pak Erick. Di sini memang tasyakuran hampir mirip seperti gala dinner tidak ada adat sama sekali di sini," kata Gusti Sura.

Gusti Sura juga mengatakan pernikahan Kaesang dan Erina merupakan pernikahan pertama di luar keluarga Mangkunegaran yang digelar di Pendopo Puro Mangkunegaran.

"Iya pertama, tapi beliau Putra Presiden. (Pengguna ke depan untuk masyarakat umum) bisa dibicarakan nanti, ada prosedurnya juga," ujar dia.

Untuk acara adat ngunduh mantu bakal digelar di Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo, di Jalan Slamet Riyadi. Setelah unduh mantu selesai, akan dilanjutkan dengan kirab mengunakan kereta kencana yang tumpangi kedua mempelai pengantin dan rombongan keluarga, hingga Puro Mangkunegaran.

Sebelumnya, KGPAA Mangkunegara X menjelaskan bahwa pihaknya akan mendukung secara penuh acara pernikahan Kaesang dan Erina itu.

"Kita support, yang salah satu kegiatan acara kenegaraan juga. Tentu kita akan support dengan sebaik-baiknya dengan tetap menjaga pakem-pakem yang berlaku," kata KGPAA Mangkunegara X, Minggu (20/11/2022).

Sementara, untuk pernikahan Kaesang dan Erina akan melangsungkan pernikahannya di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman pada (10/12/2022) mendatang. Untuk berkas nikah pun sudah mereka lengkapi. Kini keduanya tinggal menunggu hari bahagianya saja. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru