Malangtimes

Inovasi Pendidikan Global Citizenship Antarkan Guru MAN 2 Kota Malang Juara I GTK Berprestasi 2022

Nov 27, 2022 15:50
Ahmad Thohir Yoga, guru MAN 2 Kota Malang yang meraih Juara I Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi 2022 (Ist)
Ahmad Thohir Yoga, guru MAN 2 Kota Malang yang meraih Juara I Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi 2022 (Ist)

JATIMTIMES - Nama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang kian harum di kancah dunia pendidikan. Hal ini setelah salah satu gurunya, yakni Ahmad Thohir Yoga meraih Juara I Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi 2022.

Raihan juara tersebut diraih Yoga usia mengembangkan sebuah program Inovasi cerdas Pendidikan Global Citizenship di lingkungan madrasah. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Agama pada malam puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 yang berlangsung di Jakarta, Jumat (25/11/2022) malam. 

Hadir dalam kesempatan ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, Sekjen Kemenag Nizar bersama para pejabat eselon I dan II pusat, serta ratusan guru madrasah dari berbagai daerah di Indonesia.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas capaian juara 1 pada Grand Final Anugerah GTK Berprestasi Kemenag RI tahun ini. Sesungguhnya mengikuti ajang kompetisi ini sebagai bagian dari syiar MAN 2 Kota Malang bahwa tidak hanya peserta didik yang bertabur prestasi, tapi pendidiknya juga bisa berprestasi," ujar pria yang juga Wakil Kepala MAN 2 Kota Malang Bidang Kehumasan ini.

Lebih lanjut dijelaskan Yoga, jika inovasi Global Citizenship ini, dikemas dalam karya tulis ilmiah bertajuk “Integrating Ultimate Dialogue Adventure - Generation Global in The English Instruction for Grade X Students at MAN 2 Kota Malang”.

1

Menurut Yoga, Generation Global adalah platform digital learning internasional yang diinisiasi dan didukung penuh Tony Blair Institute for Global Change yang bermarkas di London. Salah satu program utama dari platform tersebut adalah memberikan pendidikan 'global citizenship' yang dirancang khusus untuk anak muda di seluruh dunia dengan usia 13 - 17 tahun.

"Melalui Ultimate Dialogue Adventure tersebut, peserta didik tidak hanya belajar bahasa Inggris tapi bisa belajar tentang keterampilan abad 21, yakni global communication, active listening, critical thinking, questioning, and reflecting," jelasnya.

Implementasi Platform UDA- Generation Global terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa MAN 2 Kota Malang dalam dialog berbahasa Inggris. Lebih dari itu, inovasi ini juga mampu meningkatkan pemahaman lintas budaya siswa. Sehingga, pendekatan ini juga ikut menyiapkan mereka untuk menjadi bagian dari masyarakat dunia yang aktif, toleran, dan berprestasi.

MAN 2 Kota Malang telah menerapkan platform Generation Global ini sejak sekitar 10 tahun hingga menjadikannya salah satu sekolah yang paling aktif. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah video conference dengan teman-teman sebaya dari sekolah-sekolah di seluruh dunia," ujar pria yang akrab disapa Mr Yoga ini.

Imbas dari penerapan ini adalah, para siswa saat ini lebih cakap dalam berdialog dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Sehingga, kemampuan pun semakin berkembang dan mampu berinteraksi dengan teman-teman dari seluruh dunia. "Mereka pun dapat meningkatkan level impian dan orientasi studi lanjut mereka," jelas pria kelahiran Bojonegoro tahun 1972 ini.

Selain itu, dijelaskan Yoga jika banyak alumni MAN 2 Kota Malang melakukan studi di luar negeri. Bahkan, testimoni dari para alumni mengatakan, bahwa mereka sangat terbantu dalam proses adaptasi di luar negeri karena pengalaman mengikuti video conference Generation Global.

Sementara itu, Anugerah GTK Madrasah Berprestasi tahun 2022 diikuti oleh ribuan pendidik pilihan dari berbagai madrasah di Indonesia. Untuk sampai babak grand final, panitia melakukan seleksi administrasi berdasarkan dokumen pendaftaran. Setelah itu, dilakukan penilaian terhadap portofolio dan karya tulis ilmiah. Dari proses itu, terpilih tiga nominator yang masuk final.

"Di babak final, kami diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan karya tulis ilmiah terkait program unggulan yang dikembangkan di madrasah. Untuk pendalaman, kami juga diwawancarai oleh dewan juri independent dari Perguruan Tinggi dan lainnya," tutur Master Program (S2) jurusan Curriculum & Instruction, pada College of Education, Ohio University, USA tahun 2007 ini.

Pihaknya berharap, capaian yang ia raih ini menjadi motivasi dan inspirasi rekan sejawat pendidik, khususnya di MAN 2 Kota Malang dan di seluruh Indonesia untuk selalu meningkatkan kapasitas diri dan berprestasi.

Penghargaan ini bukanlah satu-satunya prestasi yang diraih Ahmad Thohir Yoga. Sebelumnya puluhan prestasi telah dicapainya, baik level provinsi, nasional, bahkan juga internasional. 

Pada tahun 2021 misalnya, guru Bahasa Inggris MAN 2 Kota Malang ini terpilih sebagai peserta Online Profesional English Network (OPEN) Program, The Regional English Language Office, US Embassy, Fall Term 2021. Saat itu, hanya 18 peserta dari Indonesia yang terpilih ikut serta dalam program ini, dan Ahmad Thohir satu-satunya wakil dari madrasah yang mendapatkan beasiswa.

Berikut penghargaan yang diraih Yoga Ahmad Thohir:

1. Duta Inspiratif - Agen Perubahan Kementerian Agama RI, 2021.
2. Awarded ‘Apresiasi Guru Inovatif dan Inspiratif” during pandemy by Kemendikbud in the World Teachers Day Commemoration (National, 2020).
3. Selected to be the only Madrasah teacher to join Google Master Trainer, Google for Education-REFO-GTK Kemendikbud tahun (National, 2020).
4. The Best Ten Kompetisi Guru Menulis – New Malang Pos (Province, 2020).
5. Awarded Scholarship to join OPEN (Online Program of English Network), RELO, USA Embassy (International, 2021).
6. Selected to be the Speaker in the International Webinar entitled Connecting Madrasah Teachers and Students to the World through Generation Global, Dirjen Pendis GTK dan Generation Global United Kingdom (International, 2021)
7. Selected to be Co-Fasilitator in Professional Learning. Program (PLP) BRIDGE 2021 for Australian dan Indonesian Teachers in the BRIDGE Schools Partnership, Asia Education Foundation and Australian Embassy (International, 2021).
8. Selected to be English Provincial Facilitator for Madrasah Aliyah Level, Program PKB Guru dan Tendik Direktorat Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia (National, 2021).
9. Awardee of Teachers Exchange Program, BRIDGE Australian and Indonesian Schools Partnership Program to Gold Coast, Queensland, Australia, (International, 2011).
10. Awarded Fulbright Scholarship, Master of  Education, Ohio University, USA, (International, 2007).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru