Malangtimes

Kasus Covid-19 Melonjak, Lansia di Kabupaten Blitar Segera Dapatkan Vaksin Booster Dosis Kedua

Nov 25, 2022 19:42
Ilustrasi vaksinasi.(Foto : Istimewa)
Ilustrasi vaksinasi.(Foto : Istimewa)

JATIMTIMES-Puluhan ribu warga  lanjut usia (lansia) di Kabupaten Blitar segera divaksin Covid-19 booster kedua atau vaksin dosis keempat. Kebijakan ini diambil Pemkab Blitar merespon kembali melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia. 

Terkini lonjakan kasus Covid-19 dipicu munculnya subvarian Omicron XBB dan BQ.1 melonjak.

Seperti informasi, Kementerian Kesehatan RI memang memulai pemberian vaksin Covid-19 booster kedua untuk non nakes, yaitu dari kelompok lansia. Kebijakan di tingkat pusat ini direspon cepat Pemkab Blitar. Sub koordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Endro Pramono mengatakan, mulai saat ini lansia di Kabupaten Blitar sudah bisa mendapatkan vaksinasi ke empat atau booster kedua.

"Jadi lansia yang bisa mendapatkan booster kedua ini harus yang sudah mendapatkan booster pertama atau vaksinasi ketiga," kata Endro, Jumat (25/11/2022).

Endro menambahkan, capaian booster untuk lansia di Kabupaten Blitar saat ini tergolong masih rendah, yakni di bawah 30 persen atau baru sekitar 25 ribu lansia. Sehingga dari capaian booster pertama ini diharapkan para lansia segera mendapatkan vaksinasi booster kedua.

"Kalau saat ini booster kedua masih diperbolehkan untuk nakes dan lansia saja. Sementara untuk kelompok masyarakat umum lainnya masih menunggu update kebijakan dari pemerintah pusat," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru