Malangtimes

Gunakan KIS Digital, Solusi Anti Ribet Dapatkan Layanan Kesehatan

Nov 25, 2022 17:13
Salah satu peserta Program JKN Bayu Pramudita Basuki yang merasa terbantu dengan adanya KIS digital. (Foto: Dok. Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)
Salah satu peserta Program JKN Bayu Pramudita Basuki yang merasa terbantu dengan adanya KIS digital. (Foto: Dok. Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)

JATIMTIMES - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah meluncurkan Aplikasi Mobile JKN terbaru yang dapat diakses oleh seluruh peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Salah satu yang dapat diakses di Mobile JKN yakni terkait kepemilikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara digital. Menurut Bayu Pramudita Basuki (28) salah satu peserta Program JKN, adanya KIS secara digital sangat membantu dirinya beserta keluarga ketika membutuhkan layanan kesehatan. 

"Saya sangat mengapresiasi Aplikasi Mobile JKN ini, karena lebih praktis, serta dapat diakses dimanapun dan kapanpun," ujar Bayu. 

Pihaknya juga mengakui, bahwa Aplikasi Mobile JKN sangat berguna pada kondisi yang tidak terduga. 

Kemudian, Bayu pun menceritakan pada saat ibunya sakit dan membutuhkan layanan kesehatan dengan segera. Dengan kondisi yang panik saat ibunya sakit, Bayu lupa membawa KIS. Namun, dengan adanya KIS digital yang terdapat di dalam Aplikasi Mobile JKN, ibu dari Bayu tetap mendapatkan layanan kesehatan. 

"Saat itu ibu saya sakit, sedangkan cuaca sedang tidak bersahabat ditambah hujan gluduk dimana-mana, karena tergesa-gesa saya lupa tidak membawa kartu JKN. Untung saja saat itu saya sudah mengunduh Aplikasi Mobile JKN, jadi cukup menunjukkan KIS digital ibu saya bisa ditangani," jelas Bayu. 

Lebih lanjut, selain pemanfaatan KIS digital, banyak fitur di Aplikasi Mobile JKN yang telah dimanfaatkan oleh Bayu. Salah satunya ia mengaku sering menggunakan fitur pendaftaran pelayanan antrean online. 

Antrean online diakui sangat memudahkannya saat membutuhkan pelayanan kesehatan. Pasalnya, dirinya tidak perlu mengantre terlalu lama untuk mendapatkan layanan kesehatan. 

"Sehingga kami datang tepat waktu tanpa lama antre untuk mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan," tutur Bayu. 

Sementara itu, Bayu sangat mendukung adanya digitalisasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Adanya digitalisasi ini tidak untuk menyusahkan peserta JKN, melainkan untuk memudahkan. 

“KIS digital merupakan solusi praktis dalam menggunakan pelayanan BPJS Kesehatan, sehingga di masa sekarang kita tidak perlu membawa dompet penuh kartu karena dimudahkan dengan layanan digital," ujar Bayu. 

Selain itu, Bayu juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap seluruh peserta Program JKN. 

"Terima kasih untuk BPJS Kesehatan yang telah miningkatkan pelayanan prima di tengah perkembangan jaman sehingga semakin memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," tandas Bayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru