Malangtimes

Inilah Hal yang Begitu Ditakuti Sosok Dajjal

Nov 25, 2022 08:18
Ilustrasi ketika meteor akan menimpa bumi (pixabay)
Ilustrasi ketika meteor akan menimpa bumi (pixabay)

JATIMTIMES - Dajjal menjadi malapetaka yang akan datang di akhir zaman. Ia menjerumuskan manusia ke jurang kesesatan. Mereka manusia yang imannya tak kuat akan mudah tergoda oleh tipu daya Dajjal.

Layaknya manusia biasa, Dajjal memiliki hak yang disenangi dan ditakuti. Ia begitu senang sekali ketika banyak orang yang mengikuti jejaknya dan segala macam tingkah lakunya. Lantas, apa hal yang ditakuti Dajjal?. 

Dari sebuah buku Armageddon Peperangan Akhir Zaman Menurut Al-Quran, Hadis, Taurat dan Injil karya IR Wisnu Sasongko MT, dijelaskan, kelak, saat mendekati akhir zaman akan ada meteor yang jatuh ke bumi. Hal inilah yang menyebabkan ledakan dahsyat hingga menimbulkan debu-debu berterbangan membentuk kabut asap atau dukhan.

Dukhan inilah yang akan menyebabkan Dajjal menjadi cacat dan pasukannya hancur lebur. Karena itu, hal inilah yang paling ditakuti Dajjal.

Rasulullah SAW mendatangi Ibnu Shayyad untuk menguji apakah dia Dajjal atau bukan, maka Rasulullah menanyakan tentang perkara dukhan (kabut).

Imam Ahmad dalam musnadnya meriwayatkan bahwa Abu Dzar RA berkata, "Kemudian Rasulullah bertanya kepadanya (Ibnu Shayyad), ‘Sesungguhnya saya menyembunyikan sesuatu kepadamu.’ Dia (Ibnu Shayyad) berkata, ‘Engkau menyembunyikan bagian depan hidung dan mulut kambing serta ad-dukh (asap) kepadaku’." Kata Abu Dzar, "Ia hendak mengucapkan ad-dukhaan (asap/kabut) tetapi tidak dapat, lalu ia mengucapkan ad-dukh, ad-dukh."

Ad-dukhan adalah firman Allah SWT, seperti dalam Al-Qur'an surah ad Dukhan ayat 10-12, "Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut (dukhan) yang nyata. Yang meliputi seluruh manusia. Inilah azab yang pedih,"

Dalam hadis yang dijelaskan sebelumnya, Rasulullah begitu mengetahui tentang Dajjal. Bahkan beliau memahami bagaimana menguji Dajjal. Yakni dengan menanyakan perihal Dukhan. Namun terlepas dari Ibnu Shayyad merupakan Dajjal atau bukan, telah diketahui jika Dajjal begitu takut akan Dukhan.

Munculnya Dukhan, membuat Dajjal cacat, yakni sebelah matanya menjadi buta dan hanya menyisakan satu mata. Selain itu, pada dahinya juga tertulis kafir. Seluruh kaum kafir serta orang Yahudi yang berada di Khurasan, tubuh hingga kaki mereka akan mengalami pembengkakan. 

Dalam sebuah hadis, sebagaimana hal tersebut, "Dajjal akan keluar di bumi bagian timur yang disebut Khurasan. Ia takuti oleh beberapa kaum yang wajah mereka seperti perisai yang dipukuli" (HR Ahmad).

Maksud dari wajahnya seperti perisai yang dipukuli adalah, menggambarkan bahwa wajah mereka bengkak-bengkak akibat al-Malhamah dan dukhan. Kemunculan Dajjal dalam keadaan cacat karena al-Malhamah yang membawa Dukhan  ditegaskan dalam hadis riwaya Muslim dan Ahmad dari Ibnu Umar. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Dajjal akan keluar karena suatu kemarahan". 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru