Malangtimes

Neduh di Bawah Flyover Saat Hujan, Bisa Dipenjara 1 Bulan atau Denda Rp 250 Ribu

Nov 25, 2022 06:57
Ternyata neduh di bawah flyover terancam hukuman penjara 1 bulan dan denda Rp 250 ribu (foto: google)
Ternyata neduh di bawah flyover terancam hukuman penjara 1 bulan dan denda Rp 250 ribu (foto: google)

JATIMTIMES - Hampir seluruh wilayah di Indonesia masih dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Tak jarang, prediksi hujan meleset hingga membuat beberapa pengendara motor tak mempersiapkan jas hujan dan terpaksa berteduh. 

Nah, jika kamu dalam kondisi seperti itu, jangan berteduh sembarangan. Salah satunya di bawah flyover. Saat berteduh  jangan memilih flyover karena bisa kena denda hingga masuk penjara. Sebab, jika banyak orang berteduh di bawah flyover, akibatnya menutup akses jalan dan rawan terjadi kemacetan. Apalagi, kalau kalian mengamati, di bawah flyover pasti sudah ada rambu lalu lintas yang melarang pengendaranya berhenti. 

Larangan berteduh di bawah flyover itu tertuang pada Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 106 ayat 4. Pasal tersebut berbunyi sebagai berikut ini. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mematuhi ketentuan: a. Rambu perintah atau rambu larangan b. Marka Jalan c. Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas d. Gerakan Lalu Lintas e. Berhenti dan Parkir f.  Peringatan Hukumannya pun telah disebutkan dengan jelas di Pasal 287 ayat 1 untuk larangan berhenti dan parkir. "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau marka jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau dengan paling banyak Rp 500.000." Sedangkan bagi mereka yang berhenti dan menggangu gerakan atau arus lalu lintas, hukumannya tertulis pada Pasal 287 ayat 3.

 "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan gerakan lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf d atau tata cara berhenti dan parkir sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 aya (4) huruf e dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau dengan paling banyak Rp 250.000."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru