Malangtimes

5 Fakta yang hanya Ada di Piala Dunia 2022 di Qatar

Nov 24, 2022 07:49
Logo FIFA World Cup Qatar 2022 (foto:google)
Logo FIFA World Cup Qatar 2022 (foto:google)

JATIMTIMES - Ada beragam aturan Piala Dunia 2022 di Qatar yang berbeda dari gelaran piala dunia sebelumnya. Bahkan aturan-aturan tersebut sampai membuat penontonnya bingung. 

Antara pihak Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan Pemerintah Qatar pun nampak tak kompak untuk aturan beberapa hal. Berikut ini dirangkum fakta-fakta yang menarik tentang World Cup 2022 di Qatar. 

1. Larangan alkohol

Ada peraturan soal alkohol terutama bir yang penjualannya dilarang selama Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar. 

Pada tanggal 18 November 2022, pihak FIFA mengumumkan bahwa nggak akan ada penjualan bir di lokasi sebelum atau sesudah pertandingan. 

Masalahnya, salah satu sponsor besar piala dunia adalah brand bir. Gimana ya?

2. Larangan Atribut LGBT

Pemerintah Qatar dan FIFA menyebutkan bahwa semua penonton termasuk komunitas LGBTQ bakal diterima. Tapi, penggunaan atribut yang terasosiasi sama LGBTQ itu sendiri dilarang. 

Sebelumnya juga beredar video di media sosial, salah satu fan wales yang dilarang masuk stadion di Qatar, lantaran memakai topi pelangi. 

3. Public Display of Affection

Buat pasangan heteroseksual, mereka dianjurkan buat nggak menunjukan keintiman di ruang publik. 

Memang hal tersebut nggak diatur khusus lewat sebuah peraturan, tapi pemerintah Qatar dengan spesifik bilang untuk “menghargai budaya” mereka. Sama seperti daerah lain yang menggunakan hukum syariah, hubungan seksual di luar nikah juga bisa kena hukum cambuk di Qatar. 

 

4. Piala Dunia Paling Mahal

Qatar memang bukan negara besar. Tapi, bukan berarti kalau pengeluarannya nggak besar juga. Bisa diliat dari pembuatan stadion yang mewah buat Piala Dunia 2022. 

Stadion yang dibangun dengan bujet lebih dari $6,5 miliar itu bakal nge-highlight budaya dan tradisi timur tengah di dalamnya. Secara keseluruhan, sebagai tuan rumah, Qatar ngeluarin bujet sebesar $220 miliar. Ini jumlah yang luar biasa, cukup nggak masuk akal kalo dibandingkan dengan Piala Dunia sebelumnya. 

 

5. Madiun Produksi Bola Resmi Piala Dunia

Dalam laga Piala Dunia 2022, Indonesia memang bukan sebagai negara yang berkompetisi. Tapi, Indonesia, spesifiknya Madiun, Jawa Timur, punya peran penting buat Piala Dunia yaitu bikin bola. Ya, bola yang digunakan di Piala Dunia 2022 itu dibuat di Madiun. 

Nama bola tersebut adalah Al-Rihla. Dari penjelasan di situs FIFA, dijabarkan kalau arti dari bola itu adalah perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru