Malangtimes

Bupati Malang Sanusi Jadi Satu-satunya Kepala Daerah di Jatim Penerima Anugerah DPN

Nov 24, 2022 07:13
Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat.(foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat.(foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Bupati Malang, HM. Sanusi kembali menorehkan prestasi. Kali ini, prestasi yang diraih yakni di bidang pendidikan. Tepatnya Anugerah Dwija Praja Nugraha (DPN). Anugerah tersebut merupakan penghargaan yang diperoleh bagi kepala daerah atas dedikasi dan komitmennya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. 

Anugerah tersebut diberikan oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dimana dalam hal ini, Bupati Sanusi dinilai menjadi kepala daerah yang perhatian dan peduli dalam melakukan berbagai upaya untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Malang. 

"Memang kita mengajukan ini sudah dari tahun lalu, karena tahun lalu yang mendapatkan ini adalah Bu Gubernur. Dan tahun ini di Jawa Timur Bupati Malang (HM. Sanusi) menjadi satu-satunya Kepala Daerah yang mendapatkan penghargaan ini," ujar Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, Rabu (23/11/2022) malam. 

Dalam hal penganugerahan tersebut, nama Bupati Sanusi memang telah dinilai peduli terhadap kemajuan pendidikan oleh PGRI Kabupaten Malang. Hingga kemudian diusulkan secara berjenjang hingga kepada PB PGRI. Yang selanjutnya dilakukan penilaian secara langsung. 

"Di tingkat provinsi saat itu, Pak Bupati memang betul-betul, penilaiannya siginifikan sekali. Dan dari provinsi diusulkan ke pusat dan dari pusat juga turut melihat bagaimana Bupati dengan penyajian data, terkait upaya dalam dunia pendidikan," jelas Wahyu. 

Berdasarkan catatannya, memang ada beberapa hal yang menjadi fokus Bupati Malang terkait upaya memajukan pendidikan. Beberapa di antaranya adalah terkait kenaikan status guru honorer dan kesejahteraan guru honorer. 

"Dan itu memang menjadi bukti bahwa Pak Bupati ini sangat perhatian kepada guru-guru honorer. Ini sudah diperjuangkan statusnya, bagaimana meningkatkan kualitasnya guru," imbuh Sekda. 

Sementara terkait kesejahteraan guru honorer, sejumlah upaya juga telah dilakukan. Salah satunya yakni dengan mulai menginventarisir sejumlah guru dengan memperhatikan jarak dari rumah ke tempatnya mengajar. Selain itu juga rencana meningkatkan honorarium guru honorer. 

"Sekarang juga guru honorer tahun 2022, yang hanya mendapat tunjangan mengajarnya yang hanya sedikit, dan 2023 ada peningkatan. Semata mata itu memang bentuk penghargaan dari Pak Bupati kepada honorer," terang Wahyu. 

Dengan penghargaan tersebut, dirinya berharap agar guru-guru di Kabupaten Malang dapat lebih termotivasi untuk bersama memajukan pendidikan. Sebab, dengan diterimanya anugerah DPN setidaknya cukup menjadi bukti bahwa Bupati Sanusi sangat serius memberi perhatian pada tenaga pendidik di Kabupaten Malang. 

Sementara itu, Bupati Malang HM. Sanusi dijadwalkan akan menerima langsung penghargaan Anugerah DPN tersebut. Rencananya, penganugerahan akan digelar di Marina Convention Centre (MCC), Semarang Jawa Tengah pada Sabtu (3/12/2022) mendatang. 

"Rencananya akan diserahkan langsung oleh Pak Presiden di Semarang," pungkas Wahyu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru