Malangtimes

Baru 3 Hari Dibuka, Pendaftaran Calon Panitia Pemilihan Kecamatan Kota Batu Digeruduk

Nov 23, 2022 16:27
KPU Kota Batu saat menyosialisasikan tahapan pemilu serentak tahun 2024.
KPU Kota Batu saat menyosialisasikan tahapan pemilu serentak tahun 2024.

JATIMTIMES - Sejak dibukanya pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 20 November, antusiasme pendaftar cukup tinggi. Setidaknya dalam 3 hari terakhir sudah mencapai ratusan.

Ya hingga Selasa (22/11/2022) malam sudah mencapai 175 calon pendaftar dari tiga kecamatan. “Sampai malam ini sudah 175 pendaftar calon PPK,” ucap Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih, Parmas, dan SDM) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Marlina.

175 pendaftar calon PPK tersebut, terbanyak peminatnya di Kecamatan Batu sebanyak 81 pendaftar. Disusul Kecamatan Bumiaji sejumlah 54 pendaftar, dan Kecamatan Junrejo ada 40 pendaftar.

Marlina menambahkan, tidak menyangka antusias warga Kota Batu untuk menjadi PPK cukup tinggi. Padahal KPU Kota Batu sebelumnya memprediksi hingga ditutupnya pendaftaran yakni 29 November mendatang.

“Kami awalnya hanya memprediksi sampai akhir pendaftaran terdapat 100 peserta,” tambah Marlina, Rabu (23/11/2022). Karena itu KPU Kota Batu tidak menyangka baru tiga hari pendaftar yang masuk sudah mencapai 2 kali lipat dari target.

“Pendaftaran PPK untuk Pemilu 2024 mendatang gak disangka bisa seantusias ini, ternyata masuk hari ke 3 sudah mencapai hampir 2 kali lipat dari target,” terang Marlina.

Tingginya antusiasme masuk dalam PPKM ini lantaran syarat pendaftaran kali ini dipermudah dengan adanya aturan baru. Aturan baru itu adalah memperbolehkan mantan panitia penyelenggara Pemilu dalam dua periode bisa mendaftar lagi.

Aturan tersebut diterapkan, karena sulitnya merekrut panitia penyelenggara Pemilu, untuk tingkat desa dan kecamatan. Hal tersebut sesuai dengan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (Siakba) sesuai Keputusan KPU RI Nomor 438 tahun 2022.

“Siapapun itu diperbolehkan untuk mendaftar. Untuk panitia yang telah memiliki jam terbang di tahun 2014 dan 2019, juga bisa daftar kembali,” terang Marlina.

Kebutuhan KPU Kota Batu, dalam menyukseskan Pemilu PPK sebanyak 15 anggota dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 24 desa/ kelurahan sejumlah 72 anggota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru