Malangtimes

Fakta Penting Seputar Silage Film untuk Kemajuan Bisnis Pertanian dan Peternakan

Nov 23, 2022 15:35

JATIMTIMES - Penggunaan silage film sudah dilakukan oleh kalangan petani dan peternak dari generasi ke generasi. Hanya saja, teknik dan kualitas perangkat sangat menentukan hasil pakan yang terjamin baik dan berkualitas. Di sisi lain, permintaan yang tinggi untuk pakan seharusnya didukung oleh ketersediaan produk, termasuk sistem produksi yang efisien dari segi biaya dan tenaga. 

Seperti kita ketahui, penyelenggaraan sistem pertanian dan peternakan seharusnya diiringi dukungan tekonologi, sehingga proses produksi lebih hemat dan tetap efektif. Terlebih untuk bisnis pertanian skala besar, penggunaan teknologi seharusnya bisa mendukung kemajuan petani dan peternak kelas menengah ke bawah. 

Fakta Penting Seputar Silage Film untuk Kemajuan Bisnis

Dalam hal pembuatan pakan ternak, penggunaan silage film dan komponen pendukung lainnya sangat penting, sehingga mendukung ketersediaan pakan yang cukup untuk semua ternak. Tapi ketika Anda bisa menyaksikan banyak produk teknologi mutakhir dihasilkan para ilmuwan, tidak jarang permasalahan justru terdapat di bagian distribusi, sehingga keterjangkauan untuk mendapatkan silage film yang bagus masih sulit. 

Jika pun tersedia, info tentang alat pembungkus jerami yang bagus tapi harganya terjangkau mungkin masih terbatas. Karena itulah, artikel ini akan membuka wawasan Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang fakta penting seputar silage film, sehingga peluang untuk mendapatkan produk terbaik bisa lebih mudah dan dengan harga yang paling murah. 

Mari simak uraian berikut ini untuk informasi selengkapnya: 

Fungsi Utama Silage Film

Silage film atau pembungkus bal plastik merupakan salah satu komponen penting dalam pembuatan silage bal jerami. Alat ini akan membungkus jerami, biasanya dalam bentuk silinder, untuk kemudian melewati proses fermentasi agar nantinya bisa dijadikan pakan ternak. Pekerjaan pembungkusan jerami membutuhkan ketekunan dan ketelitian. Tapi teknologi mutakhir membuat pekerjaan ini bisa berlangsung lebih cepat dan tetap efektif. 

Teknik Pembungkusan 

Sebagus apapun kualitas silage film, semua akan percuma ketika Anda tidak membungkusnya dengan teknik yang benar. Pastikan pembungkus menutup rapat seluruh jerami, sehingga menghasilkan kelembapan yang tinggi. Cara pengepakan juga harus bisa memastikan oksigen di dalam bale dipertahankan dengan baik, lalu sisanya dikeluarkan dengan benar. Selanjutnya, proses ini tentu saja akan menyukseskan proses fermentasi yang lebih cepat, dengan kerusakan hijauan yang lebih sedikit. Penggunaan bale wrapper akan membuat proses pembungkusan berlangsung cepat, rapi, dan efisien. 

Kualitas Silage Film

Pembungkus yang berkualitas baik seharusnya bisa tahan terhadap tusukan dan robekan, baik dari dalam maupun luar bale. Hal ini sangat penting agar proses fermentasi berjalan dengan lancar, dengan kondisi yang tetap padat dan terlindung dari sinar ultraviolet. Untuk memastikan kekuatan pembungkus, biasanya petani akan menggunakan teknik khusus atau alat untuk membungkus bale dengan lapisan yang cukup tebal. 

Ketebalan Ideal Silage Film 

Silage film tersedia dalam berbagai pilihan ketebalan, dimulai dari 1-1,5 milimeter. Pastikan Anda bekerja sama dengan supplier atau distributor yang terpercaya, agar bisa mendapatkan produk terbaik. Yang terpenting, produk harus tahan dengan tusukan dan robekan secara maksimal, namun tetap dibanderol dengan harga terjangkau. Anda bisa menghubungi Silopak untuk informasi lengkap seputar pembelian silage yang bagus tapi tetap hemat biaya.

Kolaborasi Silage Film dengan Mesin Khusus

Proses pembuatan bale silage menjadi lebih mudah ketika Anda menggunakan mesin khusus bernama bale wrapper untuk membantu pembungkusan bale. Mesin ini mampu menggantikan tenaga manusia untuk mengangkat, membentuk, hingga membungkus dan melapisi jerami sehingga pembuatan silage bisa lebih cepat dan efisien. 

Meski begitu, Anda harus membayar harga tinggi untuk membeli satu unit bale wrapper. Tapi ketika Anda menjadikan agenda pembelanjaan mesin sebagai bagian dari investasi, ini akan bisa mendukung kemajuan bisnis di bidang pertanian dan pembuatan pakan. Pemilik bale wrapper biasanya akan bekerja sama dengan petani menengah ke bawah untuk menyewakan mesin, atau menyediakan pakan yang cukup dari hasil pembuatan silage.

Mekanisme Pembuatan Silage Bale 

Pembelian silage film seharusnya diiringi dengan pengetahuan yang lengkap tentang cara membuat bale jerami atau rerumputan lainnya. Penting untuk dipahami, bahwa bale harus segera dibungkus, sesegera mungkin, dan jangan dibiarkan padatan jerami terbuka lebih dari 24 jam. Sebab jika jerami dibiarkan berkontak dengan oksigen selama berhari-hari, ini akan menurunkan kualitas silage secara drastis, serta membuat proses fermentasi terhambat. 

Selanjutnya, bale yang sudah dibungkus harus segera disimpan di gudang khusus. Upayakan jarak antara tempat pembungkusan dan gudang tidak terlalu jauh, untuk meminimalisasi kerusakan bale. Anda juga harus memindahkannya secara perlahan, agar tidak mengganggu proses fermentasi yang sudah dimulai di dalam silage.

Pada akhirnya, perangkat yang tepat dan berkualitas baik, harus didukung dengan teknik yang paling cepat dan efisien, sehingga bisa menghasilkan silage yang berkualitas baik. Bersama Silopak, silage film manufacturer in China, Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan untuk pembuatan pakan ternak fermentasi secara efektif. Yang terpenting, ketersediaan produk silage film yang berkualitas diiringi dengan pilihan harga yang paling terjangkau. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru