Malangtimes

5 Fakta Penting Seputar Sistem Proteksi Kebakaran

Nov 23, 2022 15:35

JATIMTIMES - Kampanye tentang pentingnya penerapan sistem proteksi kebakaran di gedung dan berbagai aset penting harus selalu digiatkan dari masa ke masa. Tujuannya meminimalisasi potensi kebakaran di manapun, hingga mencegah kerugian materi, atau jatuhnya korban jiwa akibat kobaran api yang tak terkendali.

Berbagai produk teknologi mendukung upaya pencegahan kebakaran, sehingga siapapun bisa dengan mudah mengakses dan melakukan perlindungan terhadap bahaya api secara efektif. Meskipun penyebab kebakaran kerap kali tak terprediksi, perilaku ceroboh dan minimnya sistem proteksi kebakaran menjadi dalang utama kebakaran besar yang merugikan banyak pihak. 

Fakta Penting Seputar Sistem Proteksi Kebakaran

Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya melengkapi gedung dan bangunan dengan perangkat pencegah kebakaran, Anda juga harus memiliki wawasan yang lengkap tentang segala hal yang berkaitan dengan sistem proteksi kebakaran. Mari simak uraian berikut ini untuk penjelasan selengkapnya: 

Macam-macam Perangkat Pelindung dari Kebakaran 

Dalam mengupayakan perlindungan gedung dan aset properti dari bahaya api, Anda harus memperhatikan sejumlah aspek, dimulai dari pengadaan fire system security yang memenuhi standar. Hal ini meliputi pengadaan Fire Hydrant, tombol alarm kebakaran, fire blanket serta ketersediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Fire Axe di tempat-tempat yang mudah dijangkau.

Selanjutnya, aplikasikan pula sistem perancangan bangunan yang efektif meminimalisasi potensi kebakaran. Sebagai contoh, harus ada pemasangan tanda “Emergency Exit” di area yang mudah terlihat, menempatkan benda atau perangkat yang berpotensi menyulut kebakaran di tempat khusus, serta menerapkan Fire Proofing untuk upaya perlindungan pada struktur bangunan tertentu. 

Bangunan juga harus dilengkapi dengan beberapa tanda bahaya yang mudah dipahami, misalnya panel kontrol, fire detector, alarm kebakaran, hingga manual call box. Kelengkapan alat-alat dan tanda akan memudahkan siapa saja untuk bertindak cepat dan tepat ketika melihat tanda bahaya atau mendengar bunyi alarm kebakaran. 

Jenis-jenis Detektor Kebakaran

Ketika ingin menerapkan sistem proteksi kebakaran, Anda akan dihadapkan pada berbagai pilihan detektor, di antaranya smoke Detector, yang terdiri dari detektor asap peka cahaya dan detektor ionisasi. Ada pula jenis lainnya, yakni detektor pengindera panas tipe rate of rise heat detector, serta tipe pengindera panas suhu tetap. 

Jika Anda bingung memilih produk yang tepat untuk diterapkan dalam gedung dan bangunan yang dimiliki, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kontraktor fire protection terbaik. Sebagai rekomendasi terbaik, Anda bisa menghubungi PT Totalfire Indonesia secara online untuk mendapatkan layanan konsultasi bebas biaya, sehingga bisa mendapatkan rekomendasi dan jawaban yang solutif seputar rencana pemasangan perangkat proteksi kebakaran.

Bangunan Tahan Api 

Selain menggunakan berbagai perangkat perlindungan dari api, sebagaimana disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan berbagai material tahan api agar semakin memperkuat upaya perlindungan. Misalnya, Anda bisa menggunakan pintu dan jendela, atau ragam furnitur lainnya, dari bahan-bahan yang tidak mudah terbakar. 

Cara ini memang berpotensi memakan biaya tinggi, tapi tetap mungkin dilakukan secara efisien ketika Anda mengintegrasikan kegiatan konstruksi atau renovasi bangunan dengan pemilihan material bangunan secara selektif. Pembangunan gedung dengan material tahan api utamanya diterapkan di gudang atau pusat bisnis yang berkaitan dengan panas dan listrik. 

Dukungan Regulasi

Saking pentingnya pemasangan sistem perlindungan dari kebakaran, sejumlah negara, termasuk Indonesia, menetapkan regulasi khusus. Secara garis besar, pemerintah mewajibkan bangunan jenis tertentu untuk melengkapi diri dengan sistem proteksi kebakaran. Artinya, jika aturan tersebut diabaikan, meskipun tidak terjadi kebakaran, pemiliknya tetap melanggar hukum dan harus diberikan sanksi tegas. 

Di antara jenis bangunan yang harus dilengkapi sistem evakuasi darurat dan perangkat perlindungan dari bahaya api adalah gedung yang digunakan untuk fasilitas publik, serta pusat perbelanjaan. Gudang dan tempat produksi, serta berbagai area bisnis juga wajib memiliki sistem khusus yang efektif mengantisipasi bahaya kebakaran secara cepat, efisien, dan efektif. 

Rekomendasi Kontraktor Fire Protection Terbaik

Sistem proteksi kebakaran yang sangat strategis, bahkan diwajibkan, membuat banyak pengusahanya melihat hal ini sebagai obyek bisnis yang menjanjikan. Tak heran, Anda akan menemukan banyak produsen dan kontraktor fire protection yang siap bekerja sama dalam pengadaan dan pemasangan alarm kebakaran, bahkan dalam skala besar sekalipun. 

Perusahaan semacam ini juga idealnya mampu memberikan layanan konsultasi bebas biaya, pelatihan hingga pendampingan, sehingga mendukung upaya klien untuk melindungi gedung dan bangunan lainnya dari kebakaran secara efektif. Pelayanan yang ideal, didukung dengan ketersediaan perangkat yang berkualitas tinggi akan menghasilkan jalinan kerja sama dengan klien yang saling menguntungkan.

Di antara berbagai pilihan kontraktor yang berlomba-lomba mempromosikan diri, bagaimana cara memilih satu yang terbaik? Anda harus memprioritaskan riset di internet, agar bisa memastikan perusahaan sudah berpengalaman dan memiliki rekam jejak yang bagus dalam melayani kliennya. PT Totalfire Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang paling direkomendasikan, sebab memenuhi semua kriteria ideal sebagai kontraktor fire protection.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru