Malangtimes

5 Makanan Ini Sering Dianggap Baik untuk Diet, padahal Berbahaya jika Dikonsumsi Berlebihan

Nov 23, 2022 07:02
Sereal ternyata mengandung gula tinggi, karbohidrat tinggi dan protein rendah. (foto: google)
Sereal ternyata mengandung gula tinggi, karbohidrat tinggi dan protein rendah. (foto: google)

JATIMTIMES - Banyak orang yang menganggap bahwa cara diet sehat untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi porsi dan memilah jenis-jenis makanan. Namun jangan salah pilih makanan. Sebab, salah sedikit, efeknya malah jadi bikin gendut. 

Apalagi tak semua jenis makanan dengan embel-embel baik untuk diet itu sehat. Ada banyak jenis makanan jika dikonsumsi secara terus-menerus malah bikin gendut dan tidak sehat. 

Berikut ini dirangkum 5 makanan yang justru bikin gendut jika dikonsumsi berlebihan. 

1. Roti Gandum 

Jenis roti ini kerap menjadi pilihan orang untuk menjalankan program diet. Biasanya roti gandum dipakai untuk pengganti nasi saat jam sarapan. 

Namun, kalian harus pintar memilah roti gandum. Pasalnya, banyak sekali roti gandum di pasaran justru mengandung pemanis buatan. 

Oleh karenanya, saat membeli roti gandum, pastikan komposisinya terlebih dahulu. Terutama cek kandungan gula dan pemanis buatannya ada atau tidak. 

2. Air Kelapa Kemasan 

Diketahui memang air kelapa memiliki segudang manfaat. Mulai dari mengatur tekanan darah hingga kolesterol. Bahkan bisa membantu melancarkan pencernaan dan mencegah batu ginjal. 

Namun, berbeda dengan air kelapa kemasan. Sebab, kerap kali ditemukan pemanis buatan hingga perasa buatan. Bahkan gula yang terkandung dalam air kelapa kemasan bisa mencapai 7 gram.

Kembali lagi, saat membeli, pastikan cek komposisinya. Atau jika khawatir dengan kandungan gulanya, lebih baik beli kelapa, lalu ambil air langsung dari buahnya. 

3. Yogurt Rasa-Rasa 

Yogurt era ini telah tersedia dengan berbagai varian. Mulai dari bentuk kemasan dan rasanya yang banyak sekali. 

Namun, sering ditemukan beberapa komposisi gula di yogurt rasa yang melebihi ambang batas. Bahkan jika dikonsumsi secara terus-menerus, bisa bikin gendut. 

Dilansir dari laman alodokter, kebutuhan gula per hari itu tak lebih dari 30 gram (7 sendok teh) untuk dewasa. Sementara anak-anak di usia 7-10 tahun tak lebih dari 24 gram (6 sendok teh) per hari serta anak-anak di usia 2-6 tahun tak lebih dari 19 gram (4 sendok teh) per hari. 

4. Protein Bar 

Banyak sekali pilihan protein bar yang disebut-sebut sebagai makanan sehat. Padahal, dalam protein bar kemasan kerap ditenukan bahan yang mengandung pewarna buatan, sirup fruktosa tinggi, dan pemanis buatan lainnya. 

Tiap sajian protein bar bahkan disebut-sebut mengandung 11 gram gula. Biasanya orang dengan program diet mengganti sarapannya dengan mengonsumsi protein bar. 

5. Sereal 

Sereal biasanya dicampur dengan susu untuk dijadikan sarapan bagi orang dengan program diet. Wah, nyatanya sereal mengandung gula tinggi. Selain itu, sereal tinggi karbohidrat dan rendah protein. 

Jika dihitung, rata-rata semangkuk sereal dengan susu adalah 390 kkal. Sementara untuk gulanya mencapai 14 gram. Jadi, masih mau sarapan pakai sereal? 

Itulah 5 jenis makanann yang harus diwaspadai saat kalian menjalani program diet ataupun dikonsumsi sehari-hari. Jangan lupa untuk sering cek komposisi di produk yang kalian beli ya! 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru